Kebersamaan Mahasiswa Baru Fakultas MIPA UII “Nyoto Bareng”

Suasana halaman parkir Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Islam Indonesia (FMIPA UII), Jumat (25/8/2017) pagi, berbeda dengan hari-hari biasa. Sebanyak 426 mahasiswa baru dari Program Studi (Prodi) D3 Analisa, Statistik, Ilmu Kimia, Farmasi dan Pendidikan Kimia sedang santap soto bersama.

Mahasiswa baru yang terdiri 332 perempuan dan 94 laki-laki tersebut sedang mengikuti Masa Taáruf (Masta) 2017 yang dilaksanakan Kamis-Jumat (24-25/8/2017). Masta ini dimaksudkan untuk memperkenalkan kampus FMIPA UII kepada mahasiswa baru. Selain itu, ada bakti sosial dengan memberikan santunan kepada anak yatim piatu.

Dekan FMIPA UII, Allwar PhD, mengatakan Masta merupakan penyambutan tamu yaitu mahasiswa baru, calon pemimpin bangsa 15-20 tahun mendatang. Ini merupakan program yang diselenggarakan setiap tahun. Hanya saja, kali ini penyelenggaraan agak berbeda, ada makan soto bareng. Inti penyelenggaraan Masta 2017 merangkul mahasiswa baru secara kekeluargaan sehingga dalam pengenalan kampus ini tidak ada kekerasan seperti zamannya ospek.

“Pagi ini mereka kita sambut dengan suasana kekeluargaan dan ‘nyoto’ bareng. Hal ini dimaksudkan untuk mempererat mahasiswa baru dengan seniornya, juga dengan para dosen,” kata Allwar kepada wartawan di sela-sela menyantap soto bersama mahasiswa baru.

Masta ini bertujuan untuk mempererat hubungan atau komunikasi antara senior dan yunior. Selain itu, juga memperkenalkan Fakultas MIPA secara umum, baik pembelajaran, tour laboratorium, administrasi, dan organisasi kemahasiswaan. “Mereka juga akan diajak untuk mengenal Kota Yogyakarta, sebab sebagian besar mahasiswa baru berasal dari luar Jawa,” katanya.
fmipa_uii_masta2017_nyoto

Sementara Rico Nurillah, ketua Panitia Masta 2017 mengatakan ‘nyoto’ bareng ini sebagai ajang untuk mengenalkan mahasiswa dengan dosen dan dekan. Sehingga akan terjalin kearaban di antara mahasiswa baru, senior dan dosen FMIPA.

(dokumentasi: heri purwata)

Blog Attachment