Prodi D3 Analisis Kimia FMIPA UII Selenggarakan Pelatihan Pengujian Kimia Bagi Guru SMK

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Prodi D3 Analisis Kimia menyelenggarakan pelatihan pengujian kimia bagi guru bidang keahlian Analis Kimia SMK N 2 Depok dan SMK N 1 Cangkringan pada 5 – 7 April 2018.  Pelatihan ini diselenggarakan dalam rangka implementasi kerjasama dalam upaya peningkatan kompetensi guru SMK pada bidang pengujian kimia. Standardisasi produk dan jasa di era Masyarakat Ekonomi ASEAN menjadi tantangan besar yang harus dihadapi oleh pendidik dalam mempersiapkan peserta didik yang terstandar. Peningkatan kualitas pembelajaran perlu dilakukan guna mendorong tercapainya standar kompetensi peserta didik. Implementasi kurikulum berbasis kompetensi mendorong dunia pendidikan untuk melakukan pengembangan kurikulum berbasis kompetensi yang mengacu pada sistem sertifikasi kompetensi kualifikasi, akupasi atau klaster. Standardisasi kurikulum perlu mengacu pada Standar Kompetensi, baik Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), Standar Internasional atau Standar Khusus.

Pelatihan ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran guru SMK khususnya untuk bidang keahlian analis kimia. Menurut Yuli Rohyami, M.Sc. dalam sambutannya menuturkan bahwa kebutuhan standardisasi kompetensi merupakan salah satu tuntuan dunia kerja dan dunia industri, mengingat saat ini semakin berkembang laboratorium yang telah menerapkan sistem manajemen mutu laboratorium pengujian dan kalibrasi ISO/IEC 17025.  Untuk itu perlu dilakukan upgrading kompetensi dosen yang sesuai dengan kebutuhan standar. Pelatihan ini didesain selama 32 jam dengan materi pengujian spektrometri, kromatografi, mikrobiologi, pengendalian dan jaminan mutu, validasi metode dan penerapannya di industri.

Menurut Ketua Program Studi DIII Analisis Kimia, Thorikul Huda, M.Sc. kegiatan ini merupakan salah satu bentuk implementasi MoU antara SMK N 2 Depok Sleman dan SMK N 1 Cangkringan Sleman dalam bentuk pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kemanfaatan dalam memperkenalkan penerapan pengujian kimia di dunia kerja dan dunia industri.

Peserta pelatihan mengikuti pelatihan yang didesain dalam bentuk ceramah, diskusi, dan praktik langsung melakukan  pengujian secara spektrometri UV-Vis dan AAS serta pengujian dengan GC dan HPLC. Pelatihan ini menghadirkan narasumber dari tim Dosen Prodi DIII Analisis Kimia, Thorikul Huda, M.Sc., Yuli Rohyami, M.Sc., Tri Esti Purbaningtias, M.Si., Kuntari, M.Sc., Bayu Wiyantoko, M.Sc., dan Puji Kurniawati, M.Sc yang didampingi instruktur dari Laboratorium Kimia Terapan dan Laboratorium Terpadu UII, Yusuf Habibi, S.Si., Yorfan Ruwindya, A.Md.Si., dan Aprisilia Rizky Wijaya.  Peserta selain mendapatkan materi pengujian kimia secara instrumental juga mendapatkan pengalaman dalam melaksanakan pengujian dengan menerapkan penjaminan mutu pengujian secara teori dan praktik.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.