Prodi Pendidikan Kimia Fakultas MIPA UII Gelar Workshop Bagi Guru

pendidikankimiafmipauii
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Prodi Pendidikan Kimia meupakan salah satu prodi yang ada di lingkungan Fakultas MIPA Universitas Islam Indonesia. Sebagai prodi yang memiliki umur yang masih muda beberapa kegiatan dilakukan guna meningkatkan kreatifitas dan inovasi bagi mahasiswa. Selanjutnya, sebagai prodi pencetak guru yang profesional, Prodi Pendidikan Kimia FMIPA UII mempunyai kewajiban dalam meningkatkan program pendidikan yang berkualitas dengan berbagai macam model pembelajaran yang kreatif dan inovatif.

pendidikankimiafmipauii

Kesuksesan dalam proses belajar dan mengajar juga dapat dilihat dari cara seorang guru mengajar dikelas. Guru yang kreatif dan inovatif akan menggunakan beberapa pendekatan agar peserta didik dapat menerima pelajaran dengan baik. Setiap siswa mempunyai kemampuan masing-masing dalam hal memahami pelajaran. Oleh karena itu, perlu adanya suatu media agar seorang guru dapat saling berbagi pengalaman dalam mengatasi masalah tersebut. Apabila siswa dapat memahami pelajaran dengan baik dan benar maka secara tidak langsung siswa akan selalu berfikir kreatif sehingga siswa akan mempunyai kemampuan dalam bernalar yang baik.

Salah satu media atau kegiatan yang dapat mendorong siswa berfikir kreatif dan inovatif adalah dengan mengikuti kegiatan karya ilmiah remaja. Di kalangan pelajar/siswa karya ilmiah merupakan istilah yang tidak asing lagi karena banyak karya tulis ilmiah yang dihasilkan dari para pelajar sehingga ia dapat dikenal berkat karyanya.

Setelah sukses menyelenggarakan kegiatan yang diberi nama Chemistry Education Fair 1.0 dan 2.0 dengan jumlah peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia maka, pada tahun 2017 Prodi Pendidikan Kimia bermaksud menyelenggarakan kegiatan yang sama yaitu Chemistry Education Fair 3.0 pada hari sabtu, 22 Juli 2017. Kegiatannya meliputi lomba microteaching untuk guru dan mahasiswa pendidikan kimia, lomba karya tulis ilmiah remaja untuk siswa tingkat SMA/SMK/MA. Total hadiah yang diperebutkan pada lomba tersebut sebesar 18 juta rupiah, selain mendapatkan uang pembiaan para juara juga akan mendapatkan Trophy dan sertifikat. Kegiatan ini diadakan setiap setahun sekali. Kegiatan ini dimaksudkan agar ide-ide kreatif dari para peserta dapat tersalurkan dengan baik. Disamping itu, kegiatan ini merupakan forum bertemunya antara Guru, calon guru (mahasiswa pendidikan kimia) dan siswa, dimana mereka dapat saling berbagi dan berdiskusi dalam perkembangan pendidikan. Pelaksanaan kegiatan ini berlangsung di Gedung Fakultas MIPA Universitas Islam Indonesia.

Di tempat terpisah yang masih rangakaian kegiatan Chemistry Education Fair 3.0 yang bertempat di Gedung Kuliah Umum (GKU) Prof. Sardjito Universitas Islam Indonesia, Prodi Pendidikan Kimia UII juga mengadakan workshop media pembelajaran untuk guru-guru kimia se-DIY-Jateng yang tergabung dalam kelompok Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Kimia. Workshop tersebut menghadirkan para pakar di bidang pendidikan yaitu Drs. Imam Mudjiono (UII), Dr. Lee Tien Tien (Universitas Pendidikan Sultan Indris Malaysia) dan Urip, M.Sc. (Guru Kimia dan Blogger di bidang Pendidikan Kimia). Acara dimulai dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB. Sebanyak lebih/kurang 250 guru kimia mengikuti acara workshop tersebut.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.