UII Raih Juara Dalam Celebes Scientific Fair

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Mahasiswa UII kembali berkiprah dalam kancah nasional yang kali ini diwakili oleh tim Prodi Statistika UII. Tim yang beranggotakan Achmad Kurniansyah Thalib, Linda Kurnia dan Nurul Imani meraih predikat Juara 3 dalam ajang Celebes Scientific Fair. Kompetisi ini mengambil tema “Peran Generasi Muda dalam Optimalisasi Sumber Daya Lokal melalui Sains, Teknologi dan Pendidikan untuk Mewujudkan SDGs”. Acara ini berlangsung dari tanggal 9-10 Desember 2017 bertempat di Universitas Halu Oleo (UHO), Kendari, Sulawesi Tenggara.

Perjalanan Tim UII ini tidak mudah mengingat seleksi yang cukup ketat dengan kehadiran tim penilai dari Lingkar Pusat Studi Penalaran Universitas Halu Oleo yang terdiri dari tim reviewer PKM dan dosen pembimbing PIMNAS. Selain itu juga harus melewati beberapa aspek penilaian seperti sistematika penulisan, gagasan, dan beberapa ketentuan khusus. Ditambah mereka juga harus bersaing dengan 16 tim dari 12 Universitas di Indonesia seperti UGM, IPB dan ITB.

“Sehingga kami melakukan pengelompokan daerah-daerah dengan analisis cluster untuk mendapatkan daerah-daerah yang memiliki karakteristik yang tenaga kesehatan yang sama, yang kemudian ditampilkan dalam bentuk pemetaan wilayah Indonesia berdasarkan hasil tersebut.” Ujar Achmad.

Secara garis besar, karya yang dibawa lebih menekankan tentang pengelompokan tenaga kesehatan. Karya ini diberi judul “Analisis Pengelompokan dan Pendistribusian Tenaga Kesehatan Indonesia dengan Menggunakan Metode Clustering Alogoritma Self Organizing Maps”.

Tema ini diambil dilatarbelakangi dari fakta yang terjadi di Indonesia bahwa 80% dari pembangunan kesehatannya tergantung dari tenaga kesehatan. Hal ini juga didukung dari pernyataan Kementrian Kesehatan RI bahwa pendistribusian dari tenaga kesehatan di Indonesia masih terpusat di wilayah urban sehingga masih terjadi ketimpangan.

“Harapan ke depnnya sebenarnya sangat banyak. Terkhusus untuk penelitian yang kami lakukan, harapan kami semoga dapat menjadi dasar juga untuk pengambilan keputusan pendistribusian tenaga kesehatan ke daerah-daerah yang masih kekurangan banyak tenaga kesehatan. Untuk teman-teman dari UII secara umum dan teman-teman statistika secara khusus semoga dapat terus berkarya mengharumkan nama UII, almamater yang kita bangakan bersama. Kalau bukan kita yang dapat membawa terbang tinggi bendera, alamameter UII, siapa lagi.” Tutup Linda Kurnia selaku salah satu anggota tim. (BKP)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.