Pada hari Senin tanggal 29 Januari 2016, sebanyak 90 siswa dan guru dari SMAN 1 Parigi Kabupaten Pangandaran Jawa Barat mengadakan kunjungan ke Fakultas MIPA Universitas Islam Indonesia.

Berlokasi di Auditorium Fakultas MIPA UII sebanyak 90 siswa dan guru diterima oleh  Bp. Thorikul Huda, M.Sc yang mewakili Dekan FMIPA UII dan juga selaku Kaprodi dari d3 Analis Kimia menyampaikan terimakasih atas kunjungan dari SMAN 1 Parigi. Dalam kesempatan ini Bp. Thorikhul Huda memaparkan bahwa UII merupakan perguruan tinggi swasta nasional tertua di Indonesia yang lahir di Jakarta pada tanggal 8 Juli 1945 (40 hari sebelum Proklamasi Kemerdekaan Indonesia), dengan nama Sekolah Tinggi Islam (STI). Sekolah Tinggi Islam (STI) dibidani oleh tokoh-tokoh nasional seperti Dr. Mohammad Hatta (Proklamator dan mantan Wakil Presiden RI), Moh. Natsir, Prof. KHA. Muzakkir, Mohamad Roem, KH. Wahid Hasjim, dll, menjadikan STI sebagai basis pengembangan pendidikan yang bercorak nasional dan Islamis serta menjadi tumpuan harapan seluruh anak bangsa.

1

Selain sejarah berdirinya UII, siswa-siswi SMAN 1 Parigi juga mendapatkan informasi tentang berbagai karir alumni, prestasi mahasiswa, posisi UII dengan perguruan tinggi lain, pengakuan lembaga secara nasiona maupun internasional.  Berbagai macam skema beasiswa baik secara internal maupun eksternal yang secara rutin dipaparkan kepada siswa SMAN 1Parigi.

Masih dalam pembahasasn yang sama Bp. Thorik juga menjelaskan tentang system penerimaan mahasiswa baru di lingkungan UII, dalam penjelasannya beliau memaparkan bahwa ada jenis PMB yang dilaksanakan di UII yaitu computer based test (CBT), paper based test (PBT) dan penelusuran siswa berprestasi. Untuk informasi lebih lanjut tentang PMB UII dapat diakses di website pmb.uii.ac.id “tutur Bp. Thorik.

2

Diakhir acara tersebut ditutup dengan penyerahan cinderamata dari kedua belah pihak antara FMIPA UII dengan SMAN 1 Parigi

3