Pembayaran Via Bank

Panduan Alur Pembayaran via Bank Penerimaan Mahasiswa Baru UII Tahun Akademik 2020/2021

PROSES PEMBAYARAN FORMULIR

ALUR PEMBAYARAN FORMULIR VIA TELLER DI SELURUH KANTOR LAYANAN BANK BPD DIY/ SYARIAH
  1. Calon mahsiswa datang ke kantor layanan Bank BPD DIY/ Syariah dan menuju teller.
  2. Mahasiswa menunjukkan/ menyebutkan Nomor Tagihan ke teller.
  3. Teller akan memproses transaksi pembayaran dan calon mahasiswa diberi bukti untuk pembayaran 2 (dua) lembar salinan.
ALUR PEMBAYARAN FORMULIR VIA MESIN ATM BANK BPD DIY (KHUSUS NASABAH YANG TELAH MEMILIKI REKENING TABUNGAN BANK BPD DIY/ SYARIAH)
  1. Masukkan kartu ATM Bank BPD DIY/ Syariah, kemudian masukkan PIN.
  2. Pada MENU UTAMA pilih PEMBAYARAN, pilih LAYANAN PENDIDIKAN, pilih UNIVERSITAS, pilih UII, dan pilih AKADEMIK.
  3. Masukkan Nomor Tagihan.
  4. Setelah proses akan keluar resi sebagai bukti pembayaran.
ALUR PEMBAYARAN FORMULIR VIA MOBILE BANKING (KHUSUS NASABAH YANG TELAH MEMILIKI REKENING TABUNGAN BANK BPD DIY/ SYARIAH)
  1. Buka aplikasi mobile banking Bank BPD DIY, masuk ke menu Pembayaran.
  2. Pilih Universitas, pilih Universitas Islam Indonesia, di bagian NIM diisi Nomor Tagihan dan diproses.
  3. Bukti bayar pembayaran formulir bisa dicetak melalui email mahasiswa yang terdaftar pada aktivasi mobile banking, atau datang langsung ke loket bank BPD DIY Syariah UII.

PROSES PEMBAYARAN ANGSURAN PERTAMA/ REGISTRASI

ALUR PEMBAYARAN REGISTRASI VIA TELLER DI SELURUH KANTOR LAYANAN BANK BPD DIY/ SYARIAH
  1. Mahasiswa datang ke kantor layanan Bank BPD DIY/Syariah terdekat dengan membawa bukti penerimaan mahasiswa dari UII yang terdapat nomor tagihan dan rincian pembayaran registrasi.
  2. Teller input Nomor Tagihan dan jika sudah sesuai, teller memperoses transaksi pembayaran.
  3. Transaksi berhasil dan mahasiswa diberi bukti pembayaran 2 (dua) lembar salinan.
ALUR PEMBAYARAN REGISTRASI VIA MESIN ATM BANK BPD DIY (KHUSUS NASABAH YANG TELAH MEMILIKI REKENING TABUNGAN BANK BPD DIY/ SYARIAH)
  1. Masukkan kartu ATM Bank BPD DIY/ Syariah, kemudian masukkan PIN.
  2. Pada MENU UTAMA pilih PEMBAYARAN, pilih LAYANAN PENDIDIKAN, pilih UNIVERSITAS, pilih UII, dan pilih AKDEMIK.
  3. Masukkan Nomor Tagihan.
  4. Setelah proses akan keluar rsi sebagai bukti pembayaran.
ALUR PEMBAYARAN REGISTRASI VIA MOBILE BANKING (KHUSUS NASABAH YANG TELAH MEMILIKI REKENING TABUNGAN BANK BPD DIY/ SYARIAH)
  1. Buka aplikasi mobile banking Bank BPD DIY, masuk ke menu Pembayaran.
  2. Pilih Universitas, pilih Universitas Islam Indonesia, di bagian NIM diisi Nomor Tagihan dan diproses.
  3. Bukti bayar registrasi bisa dicetak melalui email mahasiswa yang telah terdaftar pada aktivasi mobile banking, atau datang langsung ke loket Bank BPD DIY/ Syariah.

PROSES PEMBAYARAN FORMULIR

ALUR PEMBAYARAN FORMULIR MAHASISWA BARU, REGISTRASI DAN PEMBAYARAN SPP VIA TELLER DI KANTOR CABANG/ KAS/ KAS PEMBANTU (JIKA ADA)
  1. Datang ke Kantor Cabang/ Kantor Kas Bank Mandiri di seluruh Indonesia
  2. Isi Formulir Multi Payment/ Multi Pembayaran
  3. Melakukan pembayaaran di teller Bank Mandiri
ALUR PEMBAYARAN FORMULIR VIA TELLER DI ATM MANDIRI (JIKA ADA)
  1. Pilih menu “BAYARBELI
  2. Pilih menu “PENDIDIKAN”
  3. Masukan kode institusi “10011” kemudian tekan tombol “BENAR
  4. Masukan nomor tagihan kemudian tekan tombol “BENAR
  5. Layar akan menampilkan identitas dan jumlah pembayaran, apabila data sudah sesuai tekan angka “1″
  6. Selanjutnya tekan tombol “YA
  7. Struk pembayaran melalui mesin ATM harap di simpan sebagai bukti pembayaran formulir mahasiswa baru/ registrasi/ SPP.
ALUR PEMBAYARAN FORMULIR VIA INTERNET/MANDIRI ONLINE (JIKA ADA)
  1. Pilih menu “BAYAR
  2. Buat pembayaran baru pilih menu “PENDIDIKAN
  3. Pilih penyedia jasa masukan kode institusi “10011
  4. Masukkan “No Tagihanya” dan isi deskripsi pembayaran (Formulir Pembayaran, Registrasi, SPP)
  5. Klik “Lanjut” konfirmasi pembayaran masukan kode pembayaran “01
  6. Setelah muncul konfirmasi pembayaran dan nominal sesuai silahakan masukkan “MPIN” Mandiri Online.
  7. Transaksi berhasil bukti bisa diunduh/ dicetak via email nasabah sebagai bukti pembayarannya.

PEMBELIAN FORMULIR PENDAFTARAN CALON MAHASISWA BARU UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA MELALUI MANDIRI ONLINE

ALUR PEMBELIAN FORMULIR MELALUI MANDIRI ONLINE
  1. Masuk aplikasi Mandiri Online, pilih menu “Bayar
  2. Pilih menu Pendidikan
  3. Masukkan kode pembayaran “10011” pilih Universitas Islam Indonesia
  4. Masukkan nomor tagihan, klik tambah sebagai nomor baru
  5. Jika sudah sesuai, klik “Konfirmasi
  6. Masukkan 01 untuk kode pembayaran, klik “Lanjut
  7. Pastikan pada layar konfirmasi bahwa transaksi sudah sesuai
  8. Masukkan MPIN Mandiri Online, transaksi selesai.

ROSES PEMBAYARAN FORMULIR

ALUR PEMBAYARAN FORMULIR VIA TELLER DI KANTOR CABANG/ KAS/ KAS PEMBANTU MANDIRI SYARIAH DI SELURUH INDONESIA
  1. Ambil nomor antrian → isi slip bayar tagihan dan jenis tagihan (PMB)
  2. Simpan bukti setoran tervalidasi
ALUR PEMBAYARAN FORMULIR VIA TELLER DI ATM BSM
  1. Pilih menu utama → pilih menu Pemindahbukuan
  2. Input rekening tujuan dengan mengisi:
    Kode pembayaran pendidikan: 900 lalu kode institusi: 9053 lalu nomor tagihan: 02xxxxxxxxxx (10 digit). Contoh: 900-9053-02xxxxxxxx
  3. Menu ini akan menunjukan apakah jumlah yang akan ditransfer telah sama dengan tagihan mahasiswa UII. Jika benar pilih “Ya”
ALUR PEMBAYARAN FORMULIR VIA TELLER DI ATM BERSAMA
  1. Pilih menu utama → pilih menu Transfer
  2. Input rekening tujuan dengan mengisi:
    Kode Bank BSM 451 → kode pembayaran pendidikan: 900 lalu kode institusi: 9053 lalu nomor tagihan: 02xxxxxxxxxx (10 digit). Contoh: 451-900-9053-02xxxxxxxxxx
  3. Menu ini akan menunjukan apakah jumlah yang akan ditransfer telah sama dengan tagihan mahasiswa UII. Jika benar pilih “Ya”
ALUR PEMBAYARAN FORMULIR VIA MOBILE BANKING BSM
  1. Buka aplikasi Mobile Banking BSM → pilih Pembayaran
  2. Pilih Institusi/Akademik → pilih Nomor Rekening
  3. Ketik nama institusi dengan kode (9053 – Universitas Islam Indonesia) masukkan nomor tagihan PMB mahasiswa → Klik “Selanjutnya”
  4. Masukkan no PIN → verifikasi data→ cetak bukti

PROSES PEMBAYARAN REGISTRASI/ANGSURAN 1

ALUR PEMBAYARAN REGISTRASI VIA TELLER DI KANTOS CABANG/KAS BANK SYARIAH MANDIRI DI SELURUH INDONESIA
  1. Ambil nomor antrian → isi slip bayar tagihan dan jenis tagihan Registrasi.
  2. Simpan Bukti setoran tervalidasi
ALUR PEMBAYARAN REGISTRASI VIA ATM BANK SYARIAH MANDIRI
  1. Pilih menu utama → pilih Pemindahbukuan.
  2. Input rekening tujuan dengan mengisi kode pembayaran pendidikan: 900 lalu kode institusi: 9067 lalu nomor tagihancontoh 9009067xxxxxxxxxx
  3. Menu ini akan menunjukkan apakah jumlah yang akan dibayarkan telah sama dengan tagihan mahasiswa UII. Jika benar pilih “YA
ALUR PEMBAYARAN REGISTRASI VIA MOBILE BANKING
  1. Pilih menu Pembayaran
  2. Pilih Institusi/Akademik → pilih Nomor Rekening
  3. Ketik nama institusi dengan kode (9067- PYBW UII)
  4. Masukkan nomor tagihan registrasi → selanjutnya
  5. Masukkan PIN → verifikasi data → cetak bukti
ALUR PEMBAYARAN REGISTRASI VIA INTERNET BANKING
  1. Pilih menu pembayaran
  2. Pilih rekening → pilih Jenis Pembayaran → pilih Institusi
  3. Pilih nama lembaga : Akademik PYBW UII
  4. Masukkan nomor tagihan registrasi → klik Verifikasi Aplikasi Pembayaran
  5. Masukkkan kode TAN dan PIN otorisasi pembayaran → cetak bukti pembayaran

PROSES PEMBAYARAN FORMULIR

ALUR PEMBAYARAN FORMULIR VIA TELLER DI KANTOR CABANG/KAS/KAS PEMBANTU (JIKA ADA)
  1. Melalui teller di jaringan Bank Muamalat di seluruh Indonesia dengan menyerahkan Nomor Tagihan pembayaran formulir untuk CBT/PBT/PSB.
ALUR PEMBAYARAN FORMULIR VIA TELLER DI ATM (JIKA ADA)
  1. Untuk pembayaran melalui ATM Bank Muamalat pilih menu Pembayaran → Virtual Account → Ketik 9090 02 + Nomor Tagihan → Nominal Pembayaran.
  2. Untuk pembayaran melalui ATM Bank lain (ATM Bersama dan Prima) pilih menu Transfer Bank Lain → Masukkan Kode Bank dan nomor rekening (147 9090 02 + Nomor Tagihan) → Nominal Pembayaran.
ALUR PEMBAYARAN FORMULIR VIA INTERNET/MOBILE BANKING (JIKA ADA)
  1. Untuk pembayaran melalui Mobile Banking Bank Muamalat pilih menu Pembayaran → Virtual Account → Ketik 9090 01 + Nomor Tagihan → Nominal Pembayaran.

PROSES PEMBAYARAN ANGSURAN PERTAMA/REGISTRASI

ALUR PEMBAYARAN REGISTRASI VIA TELLER DI KANTOR CABANG/KAS/KAS PEMBANTU (JIKA ADA)
  1. Melalui teller di jaringan Bank Muamalat di seluruh Indonesia dengan menyerahkan Nomor Tagihan pembayaran Registrasi/Pembayaran angsuran pertama.
ALUR PEMBAYARAN REGISTRASI VIA TELLER ATM (JIKA ADA)
  1. Untuk pembayaran melalui ATM Bank Muamalat pilih menu Pembayaran → Virtual Account → Ketik 9090 01 + Nomor Tagihan → Nominal Pembayaran.
  2. Untuk pembayaran melalui ATM Bank Lain (ATM Bersama dan Prima) pilih menu Transfer Bank Lain → Masukkan Kode Bank dan Nomor Rekening (147 9090 01 + Nomor Tagihan) → Nominal Pembayaran.
ALUR PEMBAYARAN REGISTRASI VIA INTERNET/MOBILE BANKING (JIKA ADA)
  1. Untuk pembayaran melalui Mobile Banking Bank Muamalat pilih menu Pembayaran → Virtual Account → Ketik 9090 01 + Nomor Tagihan → Nomor Pembayaran.

PROSES PEMBAYARAN FORMULIR

ALUR PEMBAYARAN FORMULIR VIA TELLER DI KANTOR CABANG/KAS/KAS PEMBANTU (JIKA ADA)
  1. Menyerahkan Nomor Tagihan pembayaran Formulir CBT/PBT/PSB kepada petugas Teller di seluruh outlet BNI Syariah seluruh Indonesia
ALUR PEMBAYARAN FORMULIR VIA TELLER DI ATM (JIKA ADA)
Pembayaran dapat dilakukan melalui mesin ATM BNI

  1. Pada menu utama, pilih “MENU LAIN”
  2. Pilih “PEMBAYARAN”
  3. Pilih “MENU BERIKUTNYA”
  4. Pilih “UNIVERSITAS”
  5. Pilih “STUDENT PAYMENT CENTER (SPC)”
  6. Masukkan Kode Pembayaran (4028) diikuti oleh Nomor Tagihan

contoh : 4028 0117057276

    • Tekan tombol “BENAR”
    • Apabila benar maka pilih “YA BAYAR” untuk melakukan pembayaran
    • Kemudian pilih “TABUNGAN”
    • Tunggu hingga proses transaksi selesai hingga muncul bukti pembayaran

PROSES PEMBAYARAN ANGSURAN PERTAMA/REGISTRASI

ALUR PEMBAYARAN REGISTRASI VIA TELLER DI KANTOR CABANG/KAS/KAS PEMBANTU (JIKA ADA)
  1. Menyerahkan Nomor Tagihan pembayaran Registrasi/Pembayaran angsuran pertama kepada petugas Teller di seluruh outlet BNI Syariah seluruh Indonesia
ALUR PEMBAYARAN REGISTRASI VIA TELLER ATM (JIKA ADA)
Pembayaran dapat dilakukan melalui mesin ATM BNI

  1. Pada menu utama, pilih “MENU LAIN”
  2. Pilih “PEMBAYARAN”
  3. Pilih “MENU BERIKUTNYA”
  4. Pilih “UNIVERSITAS”
  5. Pilih “STUDENT PAYMENT CENTER (SPC)”
  6. Masukkan Kode Pembayaran (4026) diikuti oleh Nomor Tagihan

contoh : 4026 01187871

    • Tekan tombol “BENAR”
    • Apabila benar maka pilih “YA BAYAR” untuk melakukan pembayaran
    • Kemudian pilih “TABUNGAN”
    • Tunggu hingga proses transaksi selesai hingga muncul bukti pembayaran