Latar Belakang Tracer Study
Lulusan atau alumni merupakan produk akhir dari sebuah proses yang ada di suatu perguruan tinggi. Salah satu penilaian yang dilakukan oleh masyarakat terhadap kualitas perguruan tinggi adalah dengan melihat reputasi alumninya di tengah masyarakat dan di dunia kerja. Berbagai kiprah alumni yang berhasil di dalam karirnya, akan berdampak positif terhadap peningkatan reputasi UII di mata masyarakat.
Universitas Islam Indonesia (UII) terus berupaya meningkatkan kualitas lulusan yang dihasilkan, baik dari sisi sikap, karakter, maupun kompetensi lulusan. Salah satu misi luhur UII adalah menghasilkan para calon pemimpin yang akan turut serta berkontribusi dalam pembangunan bangsa. Urgensi utama dari pelaksanaan Tracer Study dan Survei Kepuasan Pengguna Lulusan juga berkaitan dengan perubahan persyaratan untuk reakreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi yang dievaluasi oleh BAN-PT.
UII juga telah mendesain Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang sedemikian rupa dan memuat beragam kompetensi yang diharapkan dapat menunjang lulusan untuk berkiprah di tengah masyarakat dan mewujudkan lulusan yang rahmatan li’alamin sesuai dengan cita-cita luhur UII. Untuk itu diperlukan adanya suatu mekanisme untuk mengukur dan mengevaluasi sejauh mana kompetensi yang sudah dibentuk tersebut, bisa dirasakan dampak dan manfaatnya oleh masyarakat secara umum dan pelaku Dunia Usaha dan Industri (DUDI) secara khusus.
Salah satu mekanisme yang bisa digunakan adalah melalui umpan balik dari para alumni dan pengguna lulusan yang dapat digali melalui kegiatan Tracer Study dan Survei Kepuasan Pengguna Lulusan. Kepentingan utama dari pelaksanaan Tracer Study dan Survei Kepuasan Pengguna Lulusan adalah untuk memperoleh berbagai informasi penting mengenai hubungan proses pendidikan tinggi dengan karir lulusan setelah lulus dari perguruan tinggi, menilai relevansi pendidikan tinggi dengan kebutuhan dunia usaha dan industri, memenuhi berbagai persyaratan akreditasi perguruan tinggi baik pada level nasional maupun internasional sebagai bagian dari penjaminan kualitas UII, serta umpan balik bagi mahasiswa, orang tua, pengajar, dan pemangku kepentingan lainnya di Perguruan Tinggi.