3.3 Analisis Deskriptif Kompetensi

3.3.1 Analisis Deskriptif Tingkat Kepentingan Kompetensi Berdasarkan Program Studi

Gambaran penilaian responden terhadap tingkat kepentingan komptensi di dunia kerja berdasarkan program studi disajikan pada Tabel 3.4. Berdasarkan program studi, secara umum responden merasa bahwa kompetensi yang ditetapkan oleh DIKTI sangat penting di dunia kerja namun terdapat beberapa program studi yang menilai bahwa untuk kompetensi penggunaan teknologi informasi dalam kategori sedang.

Tabel 3.7 Tingkat Kepentingan Kompetensi Berdasarkan Program Studi

3.3.2     Analisis Deskriptif Tingkat Penguasaan Kompetensi Berdasarkan Program Studi

Gambaran penilaian responden terhadap tingkat penguasaan kompetensi di dunia kerja berdasarkan program studi disajikan pada Tabel 3.8. Berdasarkan program studi, secara umum responden merasa bahwa 7 kompetensi yang ditetapkan oleh DIKTI sangat dikuasai didunia kerja.

Tabel 3.8 Tingkat Penguasaan Kompetensi Berdasarkan Program Studi

3.3.3 Gap Kepentingan dan Penguasaan Kompetensi Berdasarkan Program Studi

Gambaran penilaian responden terhadap tingkat kepentingan dan tingkat penguasaan kompetensi di dunia kerja yang kemudian diolah menjadi skor/nilai gap kompetensi berdasarkan program studi. Rangkumannya disajikan pada Tabel 3.9.

Tabel 3.9 Gap Kepentingan & Penguasaan Kompetensi Berdasarkan Program Studi

3.3.4 Analisis Deskriptif Responden Bekerja

Bagian ini menjelaskan informasi hasil tracer study lulusan 2021 terkait responden dengan aktivitas utamanya adalah bekerja. Berbagai informasi yang ditelusuri adalah proses responden mendapatkan pekerjaan, masa tunggu, rata-rata pendapatan, kesesuaian bidang pekerjaan dengan tingkat pendidikan dan bidang studi, jenis dan ukuran tempat kerja, aktivitas utama tempat kerja, serta sebaran tempat responden bekerja.

3.3.5 Proses Memperoleh Pekerjaan

3.3.5.1 Masa Mulai Mencari Pekerjaan

Secara keseluruhan jumlah responden bekerja adalah 323 responden. Hasil tracer study seperti yang ditunjukkan pada Gambar 3.10. Jika dilihat lebih jauh pada Gambar 3.10, 72% lulusan memulai proses tersebut dalam rentang waktu 0-3 bulan. Hal ini bisa jadi mengindikasikan kesiapan lulusan untuk memasuki dunia kerja.

3.3.5.2 Cara Mencari Pekerjaan

Informasi mengenai cara responden mencari pekerjaan disajikan pada Tabel

3.11. Berdasarkan Tabel 3.11, dapat diketahui bahwa cara responden mencari pekerjaan pertama memiliki variasi yang cukup tinggi. Secara umum, dua cara yang paling sering digunakan di semua jenjang adalah melalui dihubungi oleh perusahaan dan melalui penempatan kerja atau magang. Selain itu, membangun jejaring (network) sejak masih kuliah juga menjadi alternatif yang dipilih oleh responden Diploma, Sarjana, dan Profesi.

Tabel 3.11 Cara Responden Mencari Pekerjaan Berdasarkan Program Studi

3.3.5.3 Jumlah Perusahaan Dilamar, Merespon Lamaran, dan Mengundang Wawancara

Secara keseluruhan, responden bekerja di semua jenjang mengajukan lamaran dengan jumlah rata-rata 6 lamaran untuk mendapatkan pekerjaan pertama. Lamaran paling banyak dari responden Diploma dan Sarjana, sedangkan yang paling sedikit adalah dari responden program Doktor. Informasi lengkap untuk semua jenjang disajikan pada Tabel 3.12.