3.2 Analisis Deskriptif Pengalaman Studi

Tracer study lulusan 2021 menggali informasi terkait pengalaman studi responden yang meliputi data sumber pembiayaan selama kuliah, keaktifan berorganisasi, persepsi tentang metode pembelajaran yang dialami, persepsi penguasaan dan kepentingan terhadap kompetensi yang didapatkan selama kuliah, dan data responden yang berkarir di level internasional.

3.2.1      IPK Responden Berdasarkan Program Studi

Data IPK untuk masing-masing program studi di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam menunjukkan bahwa rata-rata lulusan memiliki IPK 3.53. Program Studi D3 Analis Kimia dan Profesi Apoteker memiliki nilai rata-rata IPK tertinggi, yaitu
3.65. Data IPK berdasarkan program studi dirangkum pada Tabel 3.3 dan Grafik 3.5 berikut.

3.2.2 Sumber Pendanaan Biaya Kuliah

Informasi sumber pendanaan biaya kuliah disajikan pada Tabel 3.4 berikut. Data terkait sumber pendanaan biaya kuliah menunjukkan bahwa hampir secara menyeluruh (88%) responden menggunakan sumber dana dari biaya sendiri/keluarga.

Adapun informasi terkait sumber beasiswa yang diperoleh responden pada saat kuliah dapat ditunjukkan pada Gambar 3.6. Dari responden yang mendapatkan beasiswa, proporsi yang paling tinggi adalah beasiswa PPA (5%), sisanya bersumber dari beasiswa perusahaan/swasta dan lainnya.

3.2.3 Keaktifan Organisasi Selama Kuliah

Hasil Tracer Study lulusan 2021 dalam tingkat keaktifan organisasi dari responden dibagi menjadi tiga kategori, yaitu rendah, sedang, dan tinggi dan menunjukkan hasil yang cenderung tinggi. Tingkat keaktifan organisasi responden selama kuliah untuk masing-masing program studi disajikan pada Gambar 3.7.

Data keaktifan organisasi di masing-masing program studi menunjukkan bahwa responden yang dominan aktif adalah lulusan dari Program Studi Statistika yang mencapai 50% seperti yang ditunjukkan pada Grafik 3.7 berikut.

3.2.4  Penilaian Metode Pembelajaran

Menurut responden pada metode ceramah di kelas dan praktikum menempati posisi tertinggi dengan capaian 42%. Informasi ini disajikan pada Tabel 3.6 berikut

Secara lebih detail hasil penilaian metode pembelajaran untuk masing-masing program studi dibedakan menjadi dua kategori, yaitu tinggi dan rendah berdasarkan tingkat penekanan masing-masing. Secara umum pola yang terbentuk hampir sama antar program studi.