TAKLIM PERDANA SEBAGAI AWAL KEGIATAN PENGEMBANGAN NILAI QUR’ANI

Mahasiswa UII termasuk dari Fakultas MIPA wajib mengikuti kegiatan Pengembangan Diri Qur’ani (PDQ) selama 4 semester. Kegiatan PDQ yang dikenal juga dengan nama ta’lim pada semester genap tahun akademik 2018/2019 dimulai Rabu 20 Februari 2019 dengan diadakan kegiatan Ta’lim Perdana. Peserta Ta’lim Perdana adalah mahasiswa FMIPA UII angkatan 2017 dan 2018 dengan jumlah kurang lebih sebanyak 900 mahasiswa. Hadir pada acara tersebut adalah Prof. Riyanto selaku Dekan FMIPA, Dr. Aunur Rohim Faqih selaku Direktur Direktorat Pendidikan dan Pengembangan Agama Islam (DPPAI) UII. Acara Ta’lim Perdana juga dijadikan media untuk memberikan motivasi kepada peserta ta’lim dengan menghadirkan Drs. Imam Mujiono, MA yang juga dosen di Fakultas Agama Islam UII sekaligus motivator tingkat internasional.

Dr. Aunur Rohim Faqih dalam sambutannya menyambut positif kegiatan Ta’lim Perdana yang diselenggarakan di FMIPA dan berharap dapat juga di duplikasi oleh fakultas lain yang ada di UII. Pada kesempatan tersebut Aunur Rohim juga menyampaikan bahwa pola pembinaan model Ta’lim hanya ada di UII dan belum ada kampus lain menyelenggarakan kegiatan yang sama. Usia sambutan Direktur DPPAI dilanjutkan sambutan oleh Prof. Riyanto. Dekan FMIPA menyampaikan bahwa Mu’alim di beberapa prodi di FMIPA merupakan Dosen Pembimbing Akademik (DPA), hal tersebut menjadi hal yang sangat positif karena DPA dapat langsung berinteraksi dengan bimbingannya setiap sepekan sekali. Dekan juga menyampaikan bahwa kegiatan ta’lim di FMIPA sudah dialokasikan waktunya yaitu setiap Rabu jam 15.30.

Motivasi kepada mahasiwa oleh Drs. Imam Mujiono dilaksanakan setelah sambutan Dekan FMIPA. Imam Mujiono banyak memberikan inspirasi untuk menjadi pribadi yang sukses. Menurutnya orang Islam yang sukses adalah mereka yang dapat masuk surga-Nya Allah SWT. Pribadi yang dapat masuk surga adalah yang termasuk golongan orang yang bertaqwa kepada Allah SWT dengan ciri-ciri sebagaimana yang telah dijelaskan di dalam Al-quran seperti mengimani kepada yang ghaib, mendirikan sholat dan menafkahkan sebagian rezekinya. Imam berharap bahwa mahasiswa FMIPA UII yang mengikuti kegiatan taklim di semester genap tahun akademik 2018/2019 dapat menjadi pribadi yang baik dan dapat meraih kesuksesan baik di dunia maupun di akhirat kelak.

Di akhir acara setelah Imam Mujiono memaparkan motivasi dilanjutkan dengan penjelasan teknis terkait pelaksanaan taklim oleh Muhammad Arsyik Kurniawan S. yang bertindak sebagai coordinator taklim di FMIPA UII. Terdapat beberapa perubahan skenarion sehubungan dengan taklim semester genap 2018/2019 dibandingkan dengan semester sebelumnya. Perbedaan tersebut yaitu pada penguji, dimana berdasarkan kebijakan dari DPPAI bahwa penguji akan diadakan saling silang antar mua’alim.