Kegiatan audit mutu internal (AMI) seluruh unit pertanggungjawaban untuk pelaksanaan tahun akademik 2018/2019 di lingkungan Universitas Islam Indonesia dimulai pada minggu keempat bulan Oktober 2019. Khusus FMIPA UII dilaksakana selama dua hari yaitu pada tanggal 28 sampai 29 Oktober 2019 dengan acara pembukaan di Ruang Auditorium FMIPA. Hadir pada acara pembukaan adalah Dekan, Wakil Dekan, Ketua Jurusan, Ketu Program Studi dan Kepala Laboratorium yang ada di FMIPA UII dengan keseluruhan unit pertanggunjawaban di FMIPA UII sebanyak 37 unit.  Adapun auditor yang ditunjuk oleh Badan Penjaminan Mutu (BPM) UII sebanyak 24 orang dengan Lead Auditor adalah Dr. Sri Kusumadewi, ST., MT.

Pembukaan AMI tahun 2019 dibuka secara langsung oleh Prof. Riyanto selaku Dekan FMIPA UII. Pada kesempatan tersebut Riyanto menyampaikan bahwa kegiatan audit internal menjadi sangat penting bagi pengembangan unit. Melalui konsep PDCA (Plan Do Check Action), maka kegiatan audit merupakan bagian dari check atau evaluasi seluruh aktivitas yang dilakukan disetiap unit. Riyanto menambahkan, bahwa hasil kegiatan AMI dapat dijadikan rujukan untuk menyusun Rancangan Anggaran Kerja Tahunan (RKAT). “Temuan ketidaksesuaian pada saat AMI dapat ditindaklajuti dengan merancang program pada tahun-tahun mendatang”. Ungkap Riyanto pada saat memberikan sambutan pembukaan AMI 2019.

Usia sambutan Prof. Riyanto kemudian dilanjutkan penjelasan teknis kegiatan audit oleh Lead Audit. Sri Kusumadewi selaku Lead Auditor terlebih dahulu memperkenalkan seluruh auditor yang akan melaksanakan audit di FMIPA tahun 2019. Kesempatan tersebut juga digunakan oleh Sri Kusamadewi memaparkan konsep PPEPP (penetapan, pelaksanaan, evaluasi (pelaksanaan), pengendalian (pelaksanaan), dan peningkatan) dalam rangka penjaminan mutu seluruh unit pertanggungjawaban di lingkungan FMIPA.