MILAD FMIPA UII Ke-26 “Bersinergi Membangun Negeri”

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Islam Indonesia (FMIPA UII) tahun ini merayakan MILAD yang ke 26 tahun. Berbagai rangkaian kegiatan untuk memeriahkan MILAD ini pun dilaksanakan. Kegiatan yang dilaksanakan yaitu mulai dari lomba bulu tangkis yang dilaksanakan pada 12 Oktober – 26 Oktober 2021 di GOR UII dan diikuti oleh 13 tim. Lomba tenis meja dilaksanakan pada 13 Oktober – 25 Oktober 2021 di basement FMIPA UII dan diikuti oleh 13 tim. Fun bike dan sepeda lambat dilaksanakan pada 31 Oktober 2021 yang diikuti oleh 40 dosen, tendik, dan keluarga. Fun bike dilaksanakan dengan rute perjalanan dari FMIPA menuju pos 1 yaitu jalan pakem lalu Mino Padi dan kembali lagi ke FMIPA UII. Setelah kegiatan fun bike lalu dilanjutkan dengan lomba sepeda lambat yang dilaksanakan di basement FMIPA UII. Lomba Jingle unit dilaksanakan dengan sistem setiap unit mengirimkan videonya dalam periode waktu 12 – 30 Oktober 2021. Lomba jingle unit ini diikuti oleh 8 unit yang ada di FMIPA UII.

FMIPA UII juga mengadakan kegiatan besar yang dibuka untuk umum yaitu pengajian akbar dan sarasehan online. Pengajian akbar dilaksanakan pada 5 November 2021 yang diisi oleh Habib Husein Ja’far Al Hadar, S.Fil.I.,M.Ag. dengan tema Sains dan Al-Qur’an. Sedangkan Sarasehan Online dilaksanakan pada 6 November 2021 yang diisi oleh Rektor UMY Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P. dengan tema Kontribusi Institusi Pendidikan Tinggi Islam dalam Pengembangan Sains di Indonesia. Kegiatan tersebut berjalan lancar dan mendapatkan banyak perhatian dari masyarakat dan peserta yang mengikuti acara tersebut pun cukup banyak. 

Fakultas MIPA UII melaksanakan pengabdian masyarakat dilaksanakan pada 1 Oktober – 13 November 2021 dengan memberikan bantuan kepada 7 lembaga islam seperti masjid-masjid dan total bantuan yang diberikan yaitu Rp16.664.900,- Serta untuk menghormati dan dalam rangka syukur atas jasa-jasa pendahulu yang berjasa dalam pendirian Fakultas MIPA maka beberapa perwakilan pimpinan fakultas melaksanakan kegiatan anjangsana ke pendiri FMIPA yang dilaksanakan pada 8 – 9 November 2021. Pendiri FMIPA UII yang dikunjungi yaitu antara lain Keluarga Alm. Prof. Dr. Zanzawi Soejoeti, M.Sc., Keluarga Alm. Prof. Hardjono Sastrohamidjojo, Prof. Dr. Chairil Anwar, Dra. apt. Suparmi, M.Si., Prof. Dr. Soebanar, Ph.D., Prof. Drs. Suryo Guritno, M.Stat.,Ph.D., Drs. Basuki Abdurrahman, M.Si., Drs. Muhammad Ibnu Mastur, MSIE., dan Dr. Drs. Imam Djati Widodo, M.Eng.Sc.

Penghargaan-penghargaan juga disampaikan pada kegiatan MILAD ke 26 FMIPA UII yaitu penghargaan unit, tendik, dan laboran terbaik, beasiswa mahasiswa berprestasi, penghargaan penulisan buku FMIPA, penghargaan dosen inspiratif jurusan, penghargaan pendiri FMIPA, penghargaan pengabdian hidup, dan penghargaan website unit terbaik. Penghargaan tersebut disampaikan pada agenda terakhir yaitu puncak milad yang dilaksanakan pada hari Minggu, 14 November 2021. Kegiatan ini selain mengumumkan penghargaan dan pemenang lomba juga membagikan doorprize sejumlah 221 doorprize dan 12 grandprize dengan total nilai Rp101.162.800,- Doorprize tersebut disponsori oleh 9 sponsor internal dan 21 sponsor eksternal diantaranya yaitu PT. Aditama Homedecor Interior, PT. Almega Sejahtera, Bank Mandiri, CV. Computa, Bank Syariah Indonesia. CV. Intralab Trading Mandiri, PT. Sinergi Arta Azkia, Citra Boga, dll. 

Rangkaian kegiatan MILAD FMIPA UII Ke-26 tahun ini dilaksanakan sangat meriah dan disambut dengan suka cita oleh seluruh keluarga besar Fakultas MIPA. Kegiatan ini merupakan salah satu wujud syukur dan menjadi pengingat bahwa perjuangan belum berakhir, masih ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mewujudkan cita dan membangun FMIPA UII menjadi lebih baik lagi. Selaras dengan tema yang diusung pada MILAD tahun ini yaitu “Bersinergi Membangun Negeri”.