Penguatan Nilai-Nilai Keislaman Melalui Kegiatan Pendalaman Nilai Dasar Islam I  (PNDI I) Fakultas MIPA UII

 

 

Universitas Islam Indonesia memegang teguh komitmen dalam merumuskan pembinaan keagamaan di dalam lingkungan Universitas. Komitmen tersebut diwujudkan melalui pelaksanaan kegiatan Pendalaman Nilai Dasar Islam I (PNDI I) tahun 2022 yang diikuti oleh seluruh mahasiswa baru Tahun Ajaran 2022/2023. Seluruh rangkaian kegiatan tersebut secara rutin diselenggarakan setiap tahun oleh Direktorat Pendidikan dan Pembinaan Agama Islam (DPPAI) UII dan wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru. PNDI setiap tahun diadakan di masing-masing fakultas termasuk Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam UII.

            Pada Sabtu (27/8) Fakultas MIPA UII telah menyelenggarakan kegiatan  PNDI I secara luring. Peserta PNDI I merupakan mahasiswa baru di Program Studi S1 Statistika, Program Studi S1 Pendidikan Kimia, Program Studi S1 Farmasi, Program Studi S1 Kimia dan Program Studi D3 Analis Kimia. Dimulai pukul 07.00 WIB, peserta menempatkan diri di kelas masing-masing yang telah ditentukan oleh DPPAI dengan dipandu oleh musyrif dan musyrifah.

Penanaman dan pemberian bekal nilai-nilai dasar keislaman di UII dilakukan melalui penyampaian materi oleh pemateri di setiap kelas. Hal tersebut dinilai lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan keislaman para peserta. Setelah sesi pemaparan materi, untuk mengetahui tingkat pemahaman, pengetahuan dan kemampuan dasar, para peserta diwajibkan mengikuti Placement Test Agama (PTA). Masing-masing peserta akan diuji mengenai kemampuan dasar yang dimilikinya oleh dua orang penguji PTA. Diharapkan setelah adanya PTA, DPPAI dapat mengetahui kemampuan para peserta sehingga dapat dilakukan pembinaan keagamaan sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya. Rangkaian acara PNDI ditutup dengan acara Studium Generale yang mengusung tema “Menjadi Pemuda Muslim Sejati di Era Disrupsi”. Studium Generale yang menghadirkan Ustadz Wijayanto tersebut diadakan secara daring dan disiarkan secara langsung melalui kanal youtube DPPAI UII.