Sarasehan Online dalam rangka Milad FMIPA UII Ke 27 “Tumbuh, Bersinergi, Berkhidmat untuk Umat”

Menjelang pelaksanaan Milad Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Islam Indonesia (FMIPA UII) yang akan menginjak usia ke 27 tahun pada Tahun 2022, FMIPA UII melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan untuk merayakan dan memeriahkan MILAD dengan penuh sukacita dan gembira. Salah satunya yaitu Sarasehan Keluarga Besar FMIPA UII dengan Pendiri FMIPA UII yaitu Prof. Dr. Chairil Anwar (Dekan FMIPA UII Periode 1996 – 2001) dan juga Rektor UII yaitu Prof. Fathul Wahid, Ph.D.

Sarasehan dilaksanakan secara online dengan menghadirkan dua pembicara yang memiliki peran penting dalam perkembangan FMIPA UII, dan didampingi oleh moderator yang sekaligus menjadi Ketua Panitia Milad FMIPA UII 2022 yang ke-27. Sarasehan dihadiri kurang lebih 150 peserta dan berlangsung dengan khidmat. Acara sarasehan dimulai dengan pembukaan dan pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an, yang dilantunkan oleh Mahasiswa FMIPA UII (Saudara Rizky) dan dilanjutkan dengan Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya serta Persembahan Hymne UII. Tidak lupa sambutan juga disampaikan oleh Dekan FMIPA UII yaitu Prof. Riyanto, Ph.D sekaligus membuka acara sarasehan.

Dalam sesi pemaparan materi yang pertama, Prof. Fathul Wahid, Ph.D  menyampaikan bahwa segala bentuk sepak terjang yang dialami oleh FMIPA UII adalah sebuah pelajaran dan pengalaman untuk membangun FMIPA UII ke depan lebih baik. Prof. Fathul Wahid, Ph.D juga menyampaikan dalam materinya tentang Designing Future bahwa memproses rencana-rencana yang akan dilaksanakan harus dibentuk dengan koridor-koridor yang dapat membangun masa depan melalui kegiatan yang edukatif untuk memunculkan ide serta gagasan yang bervariasi tentunya dengan tingkat kepedulian yang sama antar satu sama lain.

Pemateri kedua yaitu Prof. Dr. Chairil Anwar menyampaikan pula mengenai Sejarah Berdirinya Fakultas MIPA UII serta napak tilas dan sepak terjang perjuangan mendirikan Fakultas MIPA UII bersama dengan pendiri dan pejuang. Prof. Dr. Chairil Anwar juga mengingatkan untuk terus bersyukur dalam membangun dan memajukan FMIPA UII, kemudian untuk sistem pembelajaran perlu memperhatikan kolaborasi dengan Prodi Psikologi dan Pendidikan Agama Islam. Pengabdian masyarakat dalam bentuk dakwah Islamiyah juga perlu untuk terus digaungkan terutama yang berkaitan dengan sains-matematika-kesehatan.

Kegiatan Sarasehan dilanjutkan dengan Sesi Doorprize yang dipandu oleh Ibu Mutiara Herawati, M.Sc menggunakan aplikasi Quizizz dan berlangsung dengan meriah. Terdapat 10 pemenang doorprize dari kuis yang diberikan oleh panitia. Kami ucapkan selamat kepada pemenang doorprize. Acara selanjutnya yaitu Doa dan dilanjutkan Penutupan oleh Ustadz Shubhi Mahmashony Harimurti, M.A. Seluruh rangkaian kegiatan MILAD FMIPA UII yang ke-27 merupakan salah satu wujud syukur keluarga FMIPA UII dalam membangun UII, berjalan, merangkul, bergotongroyong bersama-sama, yang tentunya sejalan dengan tema MILAD tahun ini yaitu “Tumbuh Bersinergi, Berkhidmat untuk Umat”.