Pelepasan Wisudawan/Wati Fakultas MIPA Universitas Islam Indonesia Periode IV Tahun Akademik 2022/2023

Hari Rabu, tanggal 15 Maret 2023, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Islam Indonesia (FMIPA UII) menyelenggarakan Pelepasan Wisuda Periode IV Tahun Akademik 2022/2023 bagi calon wisudawan/wati secara luring di Auditorium FMIPA UII. Kegiatan pelepasan wisuda ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan Fakultas MIPA UII untuk para calon wisudawan/wati sebelum melaksanakan wisuda sebagai bentuk apresiasi dan sekaligus memberikan ucapan selamat kepada calon wisudawan/wati yang telah selesai menempuh pendidikan di FMIPA UII.

Acara pelepasan wisudawan/wati kali ini mengusung tema, “Tumbuh, Bersinergi dan Berkhidmat untuk Umat, Mondial Bersama Alumni FMIPA UII” dan dihadiri oleh jajaran pimpinan Dekanat FMIPA UII bersama dengan jajaran Kaprodi dari masing-masing prodi di FMIPA UII, perwakilan orangtua/wali mahasiswa, mahasiswa alumni FMIPA UII dan perwakilan DPKA sebagai pemateri, dan perwakilan divisi akademik. Peserta pelepasan wisuda merupakan calon wisudawan/wati dari semua program studi baik jenjang diploma, sarjana, maupun magister Fakultas MIPA UII.

Pada periode ini, FMIPA UII meluluskan sejumlah 35 mahasiswa. Dari total 35 calon wisudawan/wati, 17 calon wisudawan/wati di antaranya merupakan lulusan dengan predikat cumlaude dan 3 (tiga) di antara calon wisudawan/wati meraih predikat dengan IPK tertinggi. Sebagai apresiasi bagi calon wisudawan/wati peraih IPK tertinggi, masing-masing Kaprodi menyampaikan ucapan selamat kepada calon wisudawan/wati tersebut. Bentuk apresiasi lainnya berupa sertifikat penghargaan IPK tertinggi yang diserahkan oleh Dekan FMIPA UII kepada masing-masing calon wisudawan/wati.

Setelah pemberian sertifikat penghargaan IPK tertinggi dan penyerahan kenang-kenangan mahasiswa berprestasi dilanjutkan dengan penyampaian sambutan dari perwakilan calon wisudawan/wati terpilih, Putwi Widya Citradewi, yaitu calon wisudawati dari Prodi S2-Kimia sekaligus salah satu calon wisudawan/wati yang meraih IPK tertinggi. Kemudian dilanjutkan penyampaian sambutan dan penyerahan kembali wisudawan/wati kepada orangtua/wali oleh Dekan Fakultas MIPA UII, Prof. Riyanto, S.Pd., M.Si., Ph.D. Acara kemudian dilanjutkan dengan penyampaian sambutan perwakilan orang tua/wali, Bapak Lili Solihin, orang tua/wali dari salah satu calon wisudawan/wati FMIPA UII.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Ibu Hidayatul Masruroh, S.Pd, yang merupakan alumni Prodi Pendidikan Kimia, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh perwakilah DPKA UII, Ibu Mujiati Dwi KArtikasari, S.Si., M.Sc.

Kegiatan dilanjutkan dengan penjelasan seputar akademik oleh Kadiv Akademik, Achmad Rossy Cendana, A.Md bagi calon wisudawan/wati.

Acara pelepasan wisuda kali ini ditutup dengan penyampaian kesan dan pesan calon wisudawan/wati dalam bentuk pantun terpilih oleh Wakil Dekan KKA FMIPA UII, Tri Esti Purbaningtias, S.Si., M.Si. yang disambut meriah oleh peserta pelepasan wisuda. Setelah acara ditutup selanjutnya acara diakhiri dengan sesi foto setiap calon wisudawan/wati di photobooth yang telah disediakan di depan Auditorium.