Pelatihan Kepemimpinan dan Dakwah (PKD) dan Pelatihan Pengembangan Diri (PPD) bagi mahasiswa FMIPA UII angkatan 2022

Hari Sabtu dan Ahad, tanggal 17 dan 18 Juni 2023, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Islam Indonesia (FMIPA UII) menyelenggarakan Pelatihan Kepemimpinan dan Dakwah (PKD) dan Pelatihan Pengembangan Diri (PPD) bagi mahasiswa FMIPA angkatan 2022. Kegiatan ini merupakan program dari Direktorat Pendidikan dan Pengembangan Islam (DPPAI) UII sebagai upaya dari universitas untuk mencetak lulusan yang mempunyai visi misi keislaman.

Kegiatan ini merupakan serangkaian perwujudan dari dharma keempat UII, yaitu kurikulum keagamaan yang wajib diikuti oleh mahasiswa UII. Serangkaian kegiatan dari mahasiswa baru sebelum kuliah yaitu mereka diwajibkan mengikuti pekan ta’aruf, dilanjutkan mengikuti Pendalaman Nilai Dasar Islam (PNDI) pertama. Dalam tahapan ini, mereka yang sudah lancar membaca Alquran bisa langsung mengikuti Placement Test Agama (PTA) dan Pelatihan Kepemimpinan dan Dakwah (PKD) I serta Pelatihan Pengembangan Diri (PPD).

Kegiatan PKD I dan PPD dilaksanakan selama 2 hari berturut-turut, dengan kegiatan PKD I dilaksanakan pada hari Sabtu, 17 Juni 2023 bertempat di Masjid Ulil Albab UII dan kegiatan PPD dilaksanakan pada Ahad, 18 Juni 2023 yang berlokasi di Fakultas MIPA UII. Acara ini diikuti oleh mahasiswa FMIPA UII yang berjumlah 454 mahasiswa, dengan rincian 91 laki-laki dan 363 perempuan.

Acara inti PKD I diawali dengan Talk Show yang dipandu oleh Bapak Thorikul Huda, S.Si., M.Sc. dengan narasumber pertama yaitu Bapak dr. Agus Taufiqurrahman, M.Kes, Sp.S. Kemudian dilanjutkan oleh narasumber kedua dari alumni pertama FMIPA UII, yaitu Bapak Prof. Andang Sunarto, S.Si, M.Kom. Acara Talk Show berlangsung selama 90 menit dengan 45 menit untuk sesi tanya jawab dari mahasiswa.

Pada hari kedua, mahasiswa dan mahasiswi peserta PPD telah ditentukan ruang kelasnya masing-masing. Kelas A-B diisi oleh peserta laki-laki, sedangkan kelas C hinnga J diisi oleh peserta perempuan. Pembukaan PPD dipandu oleh para Musyrif/Musyrifah dari masing-masing kelompok mahasiswa. Kemudian, acara inti diawali dengan materi pertama, yaitu “Self Development”. Selanjutnya, materi kedua yaitu “Self Management Strategies” dan untuk materi terakhir yaitu “Action Plan”.