Pertemuan Orang Tua/Wali Mahasiswa Baru FMIPA UII Angkatan 2023

Yogyakarta – Sabtu (18/11/2023) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Islam Indonesia menyelenggarakan acara Pertemuan Orang Tua/Wali Mahasiswa Baru FMIPA UII Angkatan 2023. Agenda ini merupakan salah satu rangkaian pengenalan lingkungan fakultas yang sangat penting terutama bagi para orang tua/wali mahasiswa baru dalam proses pembelajaran dan aktivitas lainnya selama masa perkuliahan.

Dalam sambutannya, Prof. RIyanto, S.Pd., M.Si., Ph.D. selaku Dekan FMIPA UII mengungkapkan rasa terima kasih kepada para orang tua/wali mahasiswa karena telah mempercayakan putra dan putrinya untuk dapat menempuh kursi perkuliahan di FMIPA UII. Selain itu, Prof. Riyanto juga menyampaikan harapan kepada para mahasiswanya untuk dapat lulus dengan tepat waktu (4 tahun untuk sarjana dan 3 tahun untuk diploma tiga) serta memperoleh ilmu yang sebanyak banyaknya selama menempuh masa perkuliahan.

Pada acara inti pertama, Ibu Tri Esti Purbaningtias, S.Si., M.Si. selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Keagamaan & Alumni memaparkan mengenai bagaimana aktivitas kemahasiswaan secara garis besar yang akan ditempuh oleh para mahasiswa selama berkuliah. Selain aktivitas pembelajaran seperti biasanya, mahasiswa juga dapat melakukan aktivitas di luar perkuliahan, baik dalam bidang akademik, maupun non akademik. Fakultas tentunya akan memberikan fasilitas kepada mahasiswa sebaik-baiknya demi kelancaran aktivitas kemahasiswaan tersebut.

Acara inti kedua membahas mengenai penjelasan kebijakan administrasi keuangan pendidikan yang langsung disampaikan oleh Bapak apt. Saepudin, S.Si., M.Si., Ph.D. selaku Wakil Dekan Bidang Sumber Daya. Dalam pemaparannya, Bapak Saepudin menjelaskan pentingnya peran dari orang tua/wali mahasiswa untuk selalu memantau administrasi keuangan terutama pembayaran SPP dari mahasiswa yang telah terjadwal sesuai dengan aturan dan ketetapan universitas.

Pada acara inti yang ketiga, Bapak Achmad Rossy Cendana, A.Md. selaku Kepala Divisi Administrasi Akademik FMIPA UII memaparkan tentang beberapa layanan akademik dan sistem UII Gateway kepada orang tua/wali. UII Gateway umumnya akan digunakan oleh mahasiswa sebagai aplikasi pendukung perkuliahan, seperti mengetahui jadwal kuliah, jadwal pembayaran SPP, database data diri, dan lain sebagainya. Di sisi lain, orang tua/wali juga dapat menggunakan layanan UII Gateway layaknya putra putrinya, dan dapat digunakan untuk keperluan seperti yang telah disebutkan pada umumnya.

Acara ditutup dengan mengadakan Breakout Room bagi orang tua/wali yang hendak mendapatkan informasi lebih lanjut dari masing-masing program studi putra putrinya.