Ta’lim Perdana Fakultas MIPA Semester Genap TA. 2023/2024 “Generasi Qur’ani, Jangan Bunuh Diri”

Hari Sabtu, tanggal 28 Februari 2024, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Islam Indonesia (FMIPA UII) menyelenggarakan Ta’lim Perdana Periode Genap 2023/2024 bagi mahasiswa FMIPA UII angkatan 2020/2021 yang mengulang ta’lim, angkatan 2022 (pra-dasar dan dasar) serta angkatan 2023 (pra-dasar, dasar dan menengah). Kegiatan ini merupakan program dari Direktorat Pendidikan dan Pengembangan Islam (DPPAI) UII sekaligus inisiatif dari FMIPA UII sebagai salah satu upaya untuk mencetak lulusan yang mempunyai visi misi keislaman.

Kegiatan Ta’lim Perdana Periode Genap 2023/2024 berlangsung di GOR Ki Bagoes Hadikusumo Universitas Islam Indonesia dengan tajuk “Generasi Qur’ani, Jangan Bunuh Diri”. Acara ini diikuti oleh seluruh mahasiswa FMIPA UII dengan rincian terlampir sebelumnya. Peserta yang menghadiri acara akan dihitung sebagai 1 (satu) kali pertemuan ta’lim.

Acara inti Ta’lim Perdana diawali dengan Talk Show yang dipandu oleh Bapak Shubhi Mahmashony Harimurti, S.S., M.A. dengan narasumber dari ahli psikologi yaitu Ibu Mufliha Fahmi, S.Psi., Psikolog. Acara Talk Show berlangsung selama 60 menit dengan 15 menit untuk sesi tanya jawab dari mahasiswa.

Ibu Mufliha memaparkan bahwa  Berbagai macam permasalahan pada saat ini (terutama bagi anak muda) kebanyakan akan merujuk pada self harm/bunuh diri. Hal ini pada umumnya diakibatkan karena sakit/patah hati dan hal itu menjadi salah satu kasus terbesar yang dialami oleh generasi muda saat ini.

“Agama kita mengajarkan kita untuk tidak boleh berputus asa dan setiap ujian hidup itu tidak akan turun dengan melebihi batas kemampuan masing-masing individu”, ungkap Ibu Mufliha.

Acara ditutup dengan pemberian penghargaan bagi mualim terbaik pada masing-masing angkatan. Penghargaan mualim terbaik angkatan 2022 jatuh kepada Tiara Amalia, dan untuk angkatan 2023 diraih oleh Fistaulia Fahda Salsabila.