Prodi Statistika Fakultas MIPA UII raih juara Satria Data 2024

SLEMAN – Program Studi Statistika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Islam Indonesia raih juara 1 kategori Statistics Essay Competition (SEC) dalam lomba bergengsi tingkat nasional Statistika Ria dan Festival Sains Data (Satria Data) 2024 oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang diselenggarakan di Telkom University Bandung pada 23 s/d 27  Muharam 1446H/ 29 Juli s/d 2 Agustus 2024M. UII merupakan salah satu dari dua universitas swasta yang berlaga di final Satria Data 2024. Total terdapat 18 universitas seluruh Indonesia yang masuk ke babak final, selain menjadi juara 1 pada SEC, UII juga menjadi tiga besar juara umum Satria Data 2024 kali ini.

Hal tersebut menunjukan bahwa mahasiswa UII khususnya Prodi Statistika FMIPA ini memiliki kemampuan analisis data dan pemecahan masalah dalam masyarakat lokal secara tepat. Prestasi ini menegaskan komitmen UII terhadap keunggulan dalam pendidikan dan inovasi. Keberhasilan tim ini juga mencerminkan kerja keras dan dedikasi para mahasiswa dan dosen, menjadikan UII sebagai institusi terdepan dalam sains data dan analitik.

Tim yang diketuai oleh Ahmad Syukri beranggotakan Muhammad Zaki Ramadhan dan Atika Dwi Febriani memenangi kompetisi SEC dengan essay berjudul Fresh Fruit Scan (FFScan): Solusi Cerdas Berbasis Convolutional Neural Network (CNN) untuk Deteksi Kesegaran Buah Secara Bertingkat. Tim Ahmad Syukri melakukan percobaan dan pengambilan data secara mandiri tentang tingkat kesegaran buah sebelum terjadi pembusukan. Model yang diusulkan oleh tim dapat melakukan otomasi prediksi kesegaran buah berdasarkan foto/video. Pembimbing tim, Bapak Achmad Fauzan, menyampaikan bahwa “Ide tentang esai tersebut muncul karena ketika mengkonsumsi buah sehari-hari, baik konsumen maupun penjual tidak tahu kapan buah tersebut busuk dan tidak layak makan.  Besar harapan kami inisiatif ini bermanfaat kedepannya supaya masyarakat kita tidak hanya cerdas namun juga sehat guna menuju Indonesia Emas 2045 serta SDGs”. Ketua tim juga mengungkapkan rasa syukur atas pencapaian ini. “Kemenangan ini merupakan hasil dari kerja sama tim yang solid dan dukungan dari dosen pembimbing. Kami berharap prestasi ini dapat menginspirasi mahasiswa UII lainnya untuk terus berkarya dan berprestasi di bidang sains data,” ujarnya.

Dalam kesempatan terpisah Ketua Prodi Statistika UII, Dr. Atina Ahdika, turut memberikan apresiasi atas prestasi mahasiswa UII. “Prestasi ini membuktikan bahwa mahasiswa UII memiliki kualitas yang sangat baik dan mampu bersaing di tingkat nasional. Kami berharap prestasi ini dapat menjadi langkah awal bagi mahasiswa UII untuk berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia,” ungkapnya.

Lomba Statistika Ria dan Festival Sains Data (Satria Data) merupakan kompetisi tahunan yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dengan tujuan untuk mendorong minat dan bakat mahasiswa Indonesia di bidang data. Kompetisi ini mengangkat tema “Sinergi Statistika dan Talenta Sains: Membangun Kolaborasi Berprestasi dalam Sains Data” dan diikuti oleh ratusan peserta di setiap kategori dari berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Terdapat empat kategori dalam perlombaan ini yaitu National Statistics Competition (NSC), Statistics Essay Competition (SEC), Statistics Infographic Competition (SIC), dan Big Data Challenge (BDC).

Prodi Statistika, Universitas Islam Indonesia memiliki akreditasi Unggul dan Internasional ASIIN. Terdapat dua program pada jenjang sarjana yaitu program reguler dan internasional. Visi Prodi yaitu “Menjadi Program Studi Statistika yang terkemuka dalam menghasilkan analisis data yang berintegritas dan antusias serta memajukan masyarakat”. Jargon yang diusung adalah “Genggam Data, Kuasai Dunia”.