Konferensi Internasional IC3PE dan ISCE ke-5 Jurusan Kimia Fakultas MIPA UII

SLEMAN – Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Islam Indonesia (UII) dengan sukses menyelenggarakan Konferensi Internasional “The 5th International Conference on Chemistry, Chemical Process and Engineering (IC3PE)” serta International Seminar on Chemical Education (ISCE) pada Rabu, 9 Safar 1446 H/14 Agustus 2024, di Hotel Alana Sleman, Yogyakarta.

Acara ini menjadi wadah untuk menyebarluaskan hasil penelitian dari perguruan tinggi, pusat penelitian, dan lembaga pemerintah, serta mendorong kolaborasi antara penelitian dan industri. Konferensi ini menghadirkan tiga pembicara internasional, yaitu Prof. Taifo Mahmud dari Oregon State University, Amerika Serikat; Prof. Won-Chun Oh dari Hanseo University, Korea Selatan; dan Associate Prof. Dr. Corrienna binti Abdul Talib dari Universiti Teknologi Malaysia. Peserta yang hadir berasal dari berbagai negara, termasuk Jepang, Thailand, Korea, Inggris, Malaysia, dan Indonesia, serta ada empat pembicara undangan.

“Konferensi ini merupakan kegiatan tahunan yang kali ini menggabungkan dua tema, yakni kimia proses dan pendidikan. Fokus utama kami adalah pada pendekatan akademik, industri, dan digitalisasi pendidikan,” jelas Ketua Konferensi Internasional, Ganjar Fadillah, Ph.D. Ia menambahkan bahwa tujuan konferensi ini adalah untuk memperkenalkan pentingnya kimia di tingkat global, karena banyak orang yang masih kurang mengenal peran kimia dalam kehidupan sehari-hari. “Dengan semangat kimia hijau, kami berusaha mendukung proses kimia dan industri yang berkelanjutan, serta menciptakan peluang untuk teknologi yang lebih ramah lingkungan dan efisien,” imbuhnya. Ganjar percaya bahwa inovasi penelitian dan kemitraan strategis dalam bidang kimia dapat membuka jalan menuju masa depan yang lebih berkelanjutan.