Ta’lim Perdana Fakultas MIPA Semester Ganjil TA. 2024/2025 “Generasi Rahmatan Lil ‘Alamin Semangat Belajar Al-Qur’an

Hari Rabu, tanggal 18 September 2024, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Islam Indonesia (FMIPA UII) menyelenggarakan Ta’lim Perdana Periode Ganjil 2024/2025 bagi mahasiswa FMIPA UII khususnya angkatan 2023 (pra-dasar dan dasar) serta angkatan baru 2024. Kegiatan ini merupakan program dari Direktorat Pendidikan dan Pengembangan Islam (DPPAI) UII sekaligus inisiatif dari FMIPA UII sebagai salah satu upaya untuk mencetak lulusan yang mempunyai visi misi keislaman.

Kegiatan Ta’lim Perdana Periode Ganjil 2024/2025 berlangsung di GOR Ki Bagoes Hadikusumo Universitas Islam Indonesia dengan tajuk “Generasi Rahmatan Lil ‘Alamin Semangat Belajar Al-Qur’an”. Acara ini diikuti oleh seluruh mahasiswa FMIPA UII dengan rincian terlampir sebelumnya. Peserta yang menghadiri acara akan dihitung sebagai 1 (satu) kali pertemuan ta’lim.

Acara inti Ta’lim Perdana diawali dengan Talk Show yang dipandu oleh Bapak Shubhi Mahmashony Harimurti, S.S., M.A. dengan narasumber dari dosen prodi Analisis Keuangan FBE UII yaitu Ibu Syahdara Anisa Makruf, S.Pdi., M.Pdi. Acara Talk Show berlangsung selama 60 menit dengan 15 menit untuk sesi tanya jawab dari mahasiswa.

Dalam pemaparannya, Ibu Syahdara menyampaikan pentingnya meneladani akhlak mulia yang bersumber dari Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Beliau menekankan bahwa mahasiswa, sebagai generasi muda yang kelak akan memimpin umat, harus terus memperdalam pemahaman tentang nilai-nilai Al-Qur’an.

“Generasi Rahmatan Lil ‘Alamin adalah generasi yang mampu membawa rahmat bagi seluruh alam. Kunci untuk menjadi bagian dari generasi ini adalah dengan menguatkan hubungan kita dengan Al-Qur’an, baik melalui bacaan maupun implementasi nilai-nilai dalam kehidupan,” ujar Ibu Syahdara dalam paparannya.

Acara ditutup dengan pemberian penghargaan bagi mualim terbaik pada masing-masing angkatan. Penghargaan mualim terbaik angkatan 2022 jatuh kepada Aisyah, dan untuk angkatan 2023 diraih oleh Shopia Nur Fauziah.