Kerjasama akademik antara Universitas Islam Indonesia (UII) dengan Universitas Rhode Island (URI), Amerika Serikat, telah menelurkan beberapa program yang sangat bermanfaat bagi kedua perguruan tinggi tersebut. Diantara salah satu program kerjasama yang diimplementasikan adalah kunjungan 12 delegasi mahasiswa  URI ke Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UII, Sabtu (16/01). Pada kesempatan tersebut delegasi dari URI dipimpin oleh Dean of College of Pharmacy Dr. Paul Larrat dan Indonesia Representatif Brook. Roos, diterima secara langsung oleh Dekan FMIPA UII Drs. Alwar, M.Sc., Ph.D., dan Ketua Program Studi Farmasi FMIPA UII Pinus Jumaryanto S.Si.,  M.Phil., Apt., Ph.D. , bertempat di Ruang Sidang Lantai 1 Gedung FMIPA UII.

Seperti disampaikan oleh Alwar dalam sambutannya bahwa kunjungan ini akan sangat bermanfaat bagi peserta baik mahasiswa URI maupun UII, Beliau berharap pada kunjungan-kunjungan berikutnya para peserta dapat melakukan hal yang lebih banyak seperti penilitian mengenai obat-obat tradisional. “Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki lebih dari 13.000 pulau, didalamnya juga terdapat  lebih dari seribu tanaman yang bisa dikonversi menjadi obat-obatan, mahasiswa bisa melakukan penelitian di situ”, pungkasnya.

Sementara itu Paul menjelaskan bahwa hal yang membuatnya terkesan pertama kali ketika mengunjungi UII adalah adanya Candi Kimpulan yang ditemukan di Perpustakaan UII. Harapannya mahasiswa dari URI dapat mengambil pelajaran mengenai candi tersebut, selain daripada tujuan utama kunjungan yaitu bertukar informasi tentang ke-farmasi-an, dan obat-obatan, dan ilmu pengetauhan lainnya. Ditemui ditempat terpisah, Brook mengutarakan bahwa Ia mewakili 12an mahasiswa URI yang akan mengunjungi beberapa tempat tujuan lain di yogyakarta, Ia juga mengungkapkan bahwa mahasiswa URI akan tinggal di Indonesia kurang lebih selama 4 hari kedepan.