MENJAGA TRADISI PUBLIKASI ILMIAH, DOSEN & MAHASISWA KIMIA IKUTI SEMINAR NASIONAL DAN INTERNASIONAL

Kimia adalah ilmu sentral yang menjembatani ilmu alam lain seperti fisika, biologi, geologi dan bahkan astronomi. Peran penting dari kimia pada pembangunan berkelanjutan ilmu pengetahuan dan teknologi tidak bisa dipungkiri lagi. Bahkan kemajuan penelitian kimia selama berabad-abad telah mempengaruhi pertumbuhan ekonomi dunia.

Penelitian pada pengembangan bahan bakar berkelanjutan, baru desain obat, inovasi material, optimalisasi sumber daya alam dan sebagainya Memiliki menjadi inti dari teknologi industri di petrokimia, farmasi, obat-obatan, makanan dan minuman, logam dan juga polimer. Oleh karena itu, pengetahuan dan penelitian terlebih dahulu dalam kimia akan memberikan kontribusi yang cukup besar untuk pembuat kebijakan publik.
Bulan Agustus adalah bulan “publikasi” untuk sebagaian besar Dosen Program Studi Kimia FMIPA UII. Ungkapan ini bukan sekedar isapan jempol saja, pada bulan Agustus 2016 ini sebanyak 8 paper ilmiah sebagai hasil penelitian sebagai pembuktian dharma ke-tiga dari Catur Dharma Dosen UII, yakni Pendidikan, Penelitian, Pengabdian pada Masyarakat dan Dakwah Islamiah. Setidaknya ada tiga forum ilmiah Nasional dan Internasional dilaksanakan di bulan Agustus 2016, baik dalam negeri maupun luar negeri. Adapun seminar yang diikuti oleh Dosen Program Studi Kimia adalah:
1. Seminar Nasional Kimia (SNK) 2016 dengan tajuk: “Pengembangan Kimia Berbasis Kearifan dan Sumber Daya Alam Lokal: Integrasi Riset, Pendidikan dan Industri”
yang dilaksanakan di Puri Indah Hotel dan Conventions, Mataram – Lombok, dimulai tanggal 10-11 Agustus 2016.
2. 4th International Conference on Process Engineering and Advanced Materials 2016 (ICPEAM 2016) dengan tajuk: “Synergising A Green And Sustaineble Future” yang dilaksanakan di Kuala Lumpur Convention Centre, Malaysia. dimulai tanggal 15-17 Agustus 2016.
3. 2nd International Conference on Fundamental and Applied Sciences 2016 (ICFAS 2016) yang dilaksanakan di Kuala Lumpur Convention Centre, Malaysia. dimulai tanggal 15-17 Agustus 2016.

Seminar-Lombok-agustus-2016

KL-Agustus-2016