Ahad (17/11/19) dilangsung acara Puncak Milad FMIPA ke 24 dengan kegiatan jalan santai dan pembagian door prize. Acara yang dimulai pada pukul 07.00 diawali dengan jalan santai keliling kampus UII dengan dilepas secara langsung oleh Prof. Riyanto, Ph.D selaku Dekan FMIPA UII. Jalan santai yang dimulai dari Jalan Teknika dilanjutkan menelusuri jalan selatan kampus UII tersebut diakhir dengan memasukkan kupon jalan santai oleh peserta yang hadir sejak jam 6 pagi. Sebelum sampai pada petugas pengumpul undian door prize terlebih dahulu diadakan foto bersama oleh seluruh peserta jalan santai tepat di depan Gedung Laboratorium Terpadu. Finish jalan santai adalah di sebelah timur Gedung Prof. Zanzawi Soejoeti yang juga dijadikan lokasi untuk undian kartu door prize. Ikut serta dalam kegiatan puncak milad FMIPA adalah Prof. Chairil Anwar mantan Dekan FMIPA UII periode 1995 – 2001. Turut hadir pula para pioneer FMIPA diantaranya adalah Dra. Suparmi, M.Si. Apt mantan pembantu Dekan FMIPA dari Periode 1995-2001 dan 2001 – 2005 serta Drs. Basuki Abdurrahman yang juga terlibat dalam pendirian Prodi Statistika FMIPA UII. Riyanto menyembutkan bahwa hadirnya para pendiri FMIPA UII menjadi penyemangat generasi selanjutnya untuk mengembangkan FMIPA menjadi lebih baik lagi. “Dr. Imam Jati yang saat ini sebagai Wakil Rektor 1 UII juga salah satu orang yang berjasa dalam pendirian Fakultas MIPA”, tutur Riyanto dalam sambutannya.

Prof. Chairil Anwar yang hadir bersama istri juga dimintai sambutan pada acara puncak milad.  Pada kesempatan tersebut Chairil Anwar menyampaikan rasa kekaguman yang luar biasa kepada FMIPA UII karena kemajuan yang sudah diraihnya. Salah satu contoh prestasi FMIPA UII yaitu bertambahkan guru besar dalam waktu yang tidak terlalu lama. Chairil Anwar membandingkan dengan beberapa fakultas di UII yang lebih lama berdiri namun pertumbuhan profesornya dan pertumbuhan jumlah profesornya sangat lamban. “Alhamdulillah jumlah mahasiswa FMIPA saat ini telah setara dengan fakultas besar yang ada di UII”, ungkap Chairil Anwar yang saat ini juga masih aktif mengajar di Universitas Gadjah Mada.  Usia sambutan Prof. Chairil Anwar dilanjutkan pengumuman pemenang tenaga kependidikan terbaik, divisi terbaik dan lomba yang diadakan secara khusus untuk menyambut Milad FMIPA ke 24.

Selesai pengumuman para pemenang dilanjutkan dengan pengundian door prize yang memang sejak awal sudah banyak ditunggu oleh keluarga FMIPA UII yang hadir pada saat jalan santai tersebut. Tercatat lebih dari 200 hadiah yang dihadirkan oleh panitia untuk dibagikan melalui undian door prize. Hadiah-hadiah tersebut selain disediakan secara khusus oleh FMIPA juga diperoleh dari berbagai sponsor. Kebanyakan sponsor adalah mitra-mitra yang selama ini bekerjasama dengan FMIPA seperti Bank Mandiri, Bank Muamalat, CyberTrend, PT Saka, dan beberapa perusahaan lain. Tidak ketinggalan juga dari masing-masing program studi juga turut serta menjadi sponsor hadiah dalam rangka memeriahkan Milad FMIPA. Berbagai macam hadoah yang disediakan diantaranay televise 42 inchi, kulkas dua pintu, spring bed, lap top, berbagai merk sepeda, emas dan masih banyak lagi yang lainnya. Beberapa peserta yang hadir dalam juga mendapatkan door prize lebih dari satu karena berlebihnya hadiah yang disiapkan oleh panitia kali ini.