Ahad (1-12-19) pengemban amanah di lingkungan FMIPA UII mulai dari Dekan sampai dengan Ketua Program Studi mengadakan acara sarasehan bersama dengan seluruh elemen keluarga mahasiswa FMIPA. Keluarga Mahasiswa FMIPA yang sering disebut dengan KM FMIPA terdiri dari Depan Perwakilan Mahasiswa (DPM), Lembaga Eksekutif Mahasiswa (LEM), Himpunan Mahasiswa di masing-masing program studi dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) baik UKM Keagamaan, seni maupun raga. Kurang lebih ada 100 mahasiswa yang datang pada acara sarasehan tersebut. Dekan FMIPA mengawali sambutannya dengan menyampaikan bahwa mahasiswa FMIPA harus selalu menjadi mitra yang konstruktif dan bersama-sama dengan seluruh komponen mengembangkan FMIPA UII menjadi lebih baik. “FMIPA selalu berusaha untuk memberikan pelayanan terbaik kepada mahasiswa dan stakeholder yang lain”, tutur Riyanto selaku Dekan FMIPA pada saat menyampaikan sambutannya.

Beberapa layanan yang sudah mengalami perubahan secara drastis di FMIPA UII diantaranya adalah kecepatan dalam memperoleh surat keterangan aktif kuliah, permohonan legalisasir yang tidak lebih dari 10 menit, perbaikan ruang lembaga mahasiswa, pemberian tempat diskusi yang nyaman di kantin dan sekitar taman di FMIPA. Lingkungan eksternal FMIPA lebih diperindah dengan keberadaan taman-taman, mempercantik mushola dengan penempelan wall paper, pengecatan Gedung Laboratorium Terpadu dan masih banyak lagi yang lainnya. Usai Riyanto menyampaikan sambutan dilanjutkan sarasehan melalui diskusi yang dipandu oleh seorang moderator. Pimpinan Fakultas yang hadir pada saat itu dimintai tanggapannya terkait dengan pandangannya mengenai lembaga kemahasiswaan yang ada di FMIPA. Semua pimpinan FMIPA memiliki pemahaman yang sama terkait dengan sistem kelembagaan mahasiswa yang ada di FMIPA UII yaitu sebagai kolega atau patner bukan sebagai atasan maupun bawahan. “Di UII dikenal dengan konsep Student Government, hal itulah yang sejak lama mahasiswa UII memiliki kekhasan yang berbeda dengan mahasiswa dari perguruan tinggi lain”, tutur Thorikul Huda yang saat ini mengemban amanah sebagai Wakil Dekan Bidang Keagamaan, Kemahasiswaan dan Alumni (Wadek KKA).

Hal yang sama juga disampaikan oleh Yandi Syukri yang saat ini memimpin sebagai Ketua Jurusan (Kajur) Farmasi. Menurut Yandi Syukri, mahasiswa di UII dan khususnya FMIPA harus lebih unggul dibandingkan dengan mahasiswa universitas lain. Hal tersebut dikarenakan sistem kemahasiswaan di UII yang mampu membentuk karekter kemandirian yang lebih baik. Diskusi sangat cair karena Pimpinan Fakultas diminta untuk memberikan pertanyaan kepada mahasiswa yang hadir juga. Kesempatan pertama diberikan kepada Thorikul Huda dengan memberikan pertanyaan, apakah yang akan diperbuat lembaga mahasiswa dengan banyaknya mahasiswa yang melanggar lalu lintas di sekitar kampus khususnya dibagian barat FMIPA.  Selain itu juga, apakah lembaga mahasiswa FMIPA siap dengan perubahan mulai dari kecil seperti dalam hal adminstrasi tidak lagi menggunakan kertas dengan ukuran legal dan lebih menggunakan kertas dengan ukuran A4 seperti yang sudah lazim. Heri Hasan Ali memberikan tanggapan bahwa terkait dengan adminstrasi itu sudah diatur di pedoman yang ada di KM UII, sehingga ditingkat fakultas hanya menjalankannya saja. Terkait dengan banyaknya pelanggaran lalu rambu-rambu lalu lintas, DPM FMIPA sebenarnya telah mendapatkan masukan oleh Wadek KKA untuk mengadakan kegiatan sosialisasi tertib lalu lintas oleh Polres Sleman, namun karena ada beberapa kendala teknis sehingga kegiatan tersebut tidak bisa terlaksana.

Pengemban amanah FMIPA yang hadir pada sarasehan adalah:

  1. Prof. Riyanto, Ph.D selaku Dekan FMIPA
  2. Tech Rohmatul Fajriyah selaku Wakil Dekan Sumber Daya FMIPA
  3. Thorikul Huda, M.Sc selaku Wakil Dekan KKA
  4. Yandi Syukri selaku Ketua Jurusan Farmasi
  5. Tri ESti Purbaningtias, M.Si. selaku Ketua Program Studi D3 Analisis Kimia
  6. Argo Khoirul Anas, M.Sc selaku Plt. Sekretaris Prodi Kimia
  7. Lina Fauziah, M.Sc selaku Sekretaris Prodi Pendidikan Kimia.