Satu lagi program studi yang ada di Fakultas MIPA UII mendapatkan akreditasi A yaitu Statistika. Capain tersebut tertuang di dalam Sertifikat Akreditasi BAN-PT No. 3909/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2020. Sebagai  prodi yang sudah sangat mapan, maka statistika UII sangat layak mendapatkan peringkat tertinggi untuk raihan akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Saat ini Statistika UII sendiri memiliki Data Science, Aktuaria, Bisnis dan Sosial, Industri serta Manajemen Kebencanaan. Banyak dari prodi sejenis yang ada di Indonesia menjadi Statistika UII sebagai benchmark untuk mengembangan keilmuan statistika di Indonesia. Hal tersebut terbukti dengan seringnya prodi statistika UII menerima kunjungan studi banding dari perguruan tingi atau universitas lain.

Proses visitasi lapangan prodi statistika di laksanakan pada tanggal 6 – 7 Juli 2020 dan dilakukan secara daring (dalam jaringan/online) dengan asesor Ban-PT adalah . Kegiatan asesmen dimulai dari konfirmasi Borang 3B atau borang fakultas yang dipimpin langsung oleh Dekan FMIPA UII. Usia dengan fakultas diteruskan dengan Prodi dan dosen di Statistika dan dilanjutkan dengan mahasiswa, alumni, pengguna dan orang tua mahasiswa. Terungkap dari salah satu orang tua yang merasa sangat bangga karena anaknya dapat kuliah di Statistika UII. Salah satu kebanggaan orang tua atau wali yaitu ketika melihat anaknya yang saat ini sedang melaksanakan kuliah daring di rumah melihat secara langsung proses pembelajaran dan bahkan di setiap perkuliahan diadakan pembacaan Al qur’an secara bersama-sama.

Akreditasi A Statistika UII semakin menambah jumlah prodi yang terakreditasi A di FMIPA UII. Sebelumnya sudah ada prodi yang terakreditasi A seperti Kimia, Farmasi dan Profesi Apoteker. Prof. Riyanto selaku Dekan FMIPA UII merasa sangat bahagia dengan raihan akreditasi A dari Prodi Statistika. Dikatakan Riyanto bahwa dengan diperolehnya akreditasi A di prodi Statistika menunjukkan bahwa proses akademik dan non akademik yang diselenggarakan di FMIPA UII pada umumnya telah berjalan dengan baik. Terlebih saat ini FMIPA UII telah mendapatkan hibah untuk akreditasi internasional untuk empat prodi dari Kemendikbud yang salah satunya adalah Statistika. “Insya Allah akreditasi A dari Statistika ini akan semakin mempermudah proses menuju akreditasi internasional dari ASIIN”, ungkap Dekan FMIPA UII.

Riyanto berharap paska diperolehnya akreditasi A tersebut maka pengembangan akademik Statistika akan mengalami akselerasi dalam bentuk pendirian S2 Statistika. “Fakultas akan selalu mendorong kepada semua prodi untuk melakukan pengembangan misalnay dengan inisiasi pembentukan program paska sarjana”, tutur Riyanto ketika ditemui di kantornya. Sebagaimana diketahui saat ini juga telah dibentuk tim untuk merancang S2 Statistika serta didukung oleh dua pusat studi yang telah ada yaitu Pusat Studi kecerdasan buatan (artificial intelegent) dan Pusat Studi Bioinformatika.