Fakultas MIPA merupakan fakultas yang seringkali banyak menyumbangkan raihan pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) di UII untuk setiap tahunnya. Tercatat di tahun 2020 sebanyak 29 usulan proposal PKM yang memperoleh pendanaan dari Kemendikbud dan ada 6 tim yang lolos Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasioanl (PIMNAS) yang diselenggarakan di UGM secara daring. Prestasi tersebut menjadi kebanggaan untuk Fakultas MIPA karena pada tahun 2019 tidak ada satu tim yang lolos PIMNAS. Prestasi yang diraih oleh mahasiswa Fakultas MIPA terdapat 2 tim yang meraih juara favorit.

Upaya Fakultas MIPA untuk meningkatkan jumlah prestasi di ajang PIMNAS maka pada hari Senin (21/12/20) menyelenggarakan acara Refreshing PKM dengan menghadirkan Rudy Syahputra, Ph.D yang saat ini sebagai salah satu reviewer PKM nasional. Acara tersebut dibuka oleh Prof. Riyanto selaku Dekan Fakultas MIPA. Dalam sambutannya Riyanto memberikan gambaran terkait dengan judul-judul proposal yang lolos pendanaan diantaranya adalah memiliki content yang bagus dan memiliki global impact. Topik yang dikembangkan untuk pembuatan proposal PKM dan berpotensi untuk lolos pendanaan diantaranya terkait dengan lingkungan misalnya tentang Waste Treatment, renewable energy, dan climate change.

Riyanto juga menambahkan untuk mahasiswa Prodi Farmasi dapat membuat proposal PKM dengan tema yang sedang actual saat ini seperti masalah penanganan Covid-19, sensor untuk deteksi Covid-19 maupun alternative yang terkair dengan corona viruses. Mahasiswa Prodi Statistika masih sangat relevan mengembangkan tema penelitian yang berhubungan dengan big data. Usai sambutan dari Riyanto langsung dilanjutkan penyampaian materi oleh Rudy Syaputra.

Pada Kesempatan tersebut Rudy menyampaikan review hasil PIMNAS 2020 termasuk jumlah proposal yang lolos pendanaan dari Kemendikbud. Menurut Rudy sebanyak 64.786 proposal yang didanai dan sebagian besar merupakan PKM 5 bidang dengan jumlah proposal mencapai 57.723. Pelaksanaan PKM tahun 2021 diprediksi masih dilakukan secara daring dengan melihat kondisi yang belum bisa lepas dari Pandemi Covid-19. Rudy sangat mewanti-wanti kepada mahasiswa yang mengajukan usulan proposal PKM untuk benar-benar memperhatikan dari sisi administrasi, karena screening awal dilihat dari kesesuaian penulisan dengan pedoman.

Acara yang berlangung sejak jam 13.00 tersebut juga menghadirkan 2 orang mahasiswa yaitu DityaDeska Ramadhan dan Muhammad Sarkawi yang berhasil lolos PIMNAS 2020 dan memperoleh pernghargaan sebagai juara favorit. Keduanya menceritkan pengalaman dan strategi untuk dapat tembus PIMNAS.