PENGAJIAN AKBAR DALAM RANGKA MILAD FMIPA UII KE-26

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Islam Indonesia (FMIPA UII) pada hari Jum’at, 5 November 2021 mengadakan Pengajian Akbar dalam rangka Milad ke-26 Fakultas MIPA UII. Pengajian yang diisi oleh tokoh islam nasional yaitu Habib Husein Ja’far Al Hadar tersebut dilaksanakan secara online melalui media zoom meeting dan live youtube. Pengajian tersebut dihadiri oleh 200 lebih partisipan yang terdiri dari dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, dan beberapa masyarakat umum. Pengajian dibuka dengan sambutan Dekan Fakultas MIPA UII yaitu Prof. Riyanto, Ph.D. Ia menyampaikan beberapa hal terkait progress Fakultas MIPA dari awal sampai ke usia 26 tahun saat ini. 

Habib Husein Ja’far menyampaikan pengajian dengan tema Sains dan Al-Qur’an. Habib menjelaskan terkait hubungan antara ilmu pengetahuan dengan agama khususnya Al-Qur’an. Dimana hubungan tersebut  merupakan hubungan yang tegak lurus, tidak saling bertimpangan, tidak saling menjatuhkan. 

“Sains tanpa agama akan tersesat. Fungsi sains dalam Islam yaitu untuk mentadaburi alam semesta guna menambah keimanan atau tauhid kepada Allah SWT” kata Habib. Habib Husein juga menjelaskan secara rinci bagaimana penerapan-penerapan sains dan agama yang saling berkesinambungan dalam kehidupan sehari-hari.

Pengajian diakhiri dengan antusias partisipan yang banyak bertanya kepada Habib Husein. Diharapkan bahwa dengan adanya kegiatan ini dapat menjadikan kita sebagai manusia untuk tidak melupakan satu hal antara belajar ilmu pengetahuan atau agama. Karena keduanya merupakan satu kesatuan yang saling melengkapi agar apapun yang kita pelajari tidak menjadikan sesat dalam kehidupan.