ENAM PRODI DI FMIPA UII RAIH AKREDITASI INTERNASIONAL DARI ASIIN

Enam Program Studi (Prodi) di Fakultas MIPA UII yang terdiri dari Statistika, Kimia, Farmasi, S2 Kimia dan D3 Analisis Kimia baru saja mendapatkan akreditasi internasional dari ASIIN. ASIIN (Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik) merupakan lembaga akreditasi internasional berasal dari Jerman untuk displin ilmu rekayasa, matematika dan sains, pertanian, biologi.

Akreditasi dari ASIIN tersebut menunjukkan bahwa prodi-prodi yang ada di FMIPA UII telah melakukan penjaminan mutu Pendidikan sesuai dengan standar internasional. Raihan akreditasi internasional untuk keenam prodi merupakan wujud komitmen Fakultas MIPA UII dalam proses penjaminan mutu yang berorientasi pada outcome based education (OBE) yang setara dengan kerangka kualifikasi eropa untuk pembelajaran sepanjang hayat (European Qualification Framework for Life-Long Learning/EQF-LLL). Untuk Prodi diploma (D3 Analisis Kimia) telah diakui kesetaraannya dengan level 5 EQF-LLL sedangkan untuk Prodi sarjana (Statistika, Kimia, farmasi, Pendidikan Kimia) dan S2 Kimia masing-masing setara dengan level 6 dan 7 EQF-LLL.

Infrastruktur yang telah disiapkan oleh Fakultas MIPA untuk mempersiapkan akreditasi telah sangat memadai seperti fasilitas laboratorium, ruang perkuliahan, teknologi informasi untuk mendukung pembelajaran di masa pandemic Covid-19. Fasilitas laboratorium yang ada di Fakultas MIPA UII sangat mendukung untuk pengembangan riset karena peralatannya banyak yang telah terstandar dengan berbagai perguruan tinggi di negara maju seperti eropa dan amerika.

Akreditasi internasional yang diperoleh juga tidak terlepas dari usaha Fakultas MIPA UII yang lolos mendapatkan bantuan akreditasi internasional dari Kemendikbud selama dua tahun berturut-turut yaitu 2020 dan 2021. Visitasi akreditasi ASIIN sebelumnya telah dilaksanakan pada tanggal 29-30 Juni dan 1 Juli secara daring untuk dua klaster yaitu klaster kimia yang terdiri dari S1 Kimia, Farmasi, Pendidikan Kimia, S2 Kimia dan D3 Analisis Kimia dan kalster statistika yang hanya ada ada satu prodi yaitu Statistika.