FMIPA UII Jalin Kerjasama dengan Dua Instansi di NTB

Fakultas MIPA UII pada hari Senin (14/2/22) berkunjung di dua instansi di Provinsi NTB yaitu di Rumah Sakit Umum Daerah dan Universitas Mataram. Tujuan kunjungan tersebut adalah dalam rangka mengadakan Kerjasama dengan dua instansi tersebut denga diawali kunjungan ke RSUD NTB. Di RSUD NTB rombongan FMIPA UII yang langsung dipimpin oleh Prof. Riyanto selaku Dekan diterima oleh Decki Iskandar selaku Kepala Bagian Perencanaan dan Zainul Muttaqin selaku Kepala Instalasi Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) RSUD Provinsi NTB. Zainul menyampaikan bahwa Litbangkes di rumah sakit hanya dimiliki oleh RSUD Provinsi NTB. Zainul merespon positif terkait rencana adanya Kerjasama antara FMIPA UII dengan RSUD Provinsi NTB dan dapat segera diimplementasikan.

Riyanto dalam sambutannya memberikan gambaran rencana Kerjasama dapat difokuskan dalam beberapa hal diantaranya adalah penelitian tentang biosensor, penanganan limbah rumah sakit ataupun standardisasi untuk laboratorium medik dan laboratorium lingkungan yanga ada di RSUD. Selain itu juga, untuk meresposn Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Prof. Is Fatimah yang turut serta dalam rombongan menyampaikan bahwa RSUD Provinsi NTB sebisa mungkin dapat digunakan untuk kegiatan Praktik kerja lapangan (PKL) dan Penelitian dosen mapun mahasiswa S1 dan S2. Tindak lanjut Kerjasama antara FMIPA UII dengan RSUD Provinsi NTB direncanakan dengan pengiriman draft Kerjasama dari FMIPA UII dengan narahubung darri RSUD adalah Decki Iskandar yang juga alumni Jurusan Kimia UII Angkatan 1999.

Setelah acara di RSUD selesai kemudian dilanjutkan ke FMIPA Universitas Mataram (UNRAM) untuk acara yang sama. Rombongan FMIPA diterima secara langsung oleh Prof. Dedy Suhendra selaku Dekan FMIPA UNRAM. Kunjungan diawali dengan perkenalan baik UII dan UNRAM dan dilanjutkan dengan diskusi serta penandatanganan Kerjasama oleh kedua Dekan. Sebagai implementasi Kerjasama, FMIPA UII melalui Jurusan Kimia memberikan penawaran kepada FMIPA UNRAM untuk dapat menjadi salah satu keynote speaker pada acara seminar internasional yang diadakan oleh Jurusan Kimia UII.