Lomba Ide Usaha Digital Enterpreneur START YOUR UP 2.0 Fakultas MIPA UII

 

Sabtu (16/7) FMIPA UII Kembali mengadakan Lomba Ide Usaha Digital Enterpreneur START YOUR STARTUP 2.0. Event ini merupakan event yang diselenggarakan untuk meningkatkan minat dan inovasi mahasiswa dalam mengembangkan bisnis sekaligus menyediakan wadah dan fasilitas bagi para mahasiswa supaya inovasi bisnis dapat terealisasikan secara nyata. Lomba Ide Usaha Digital Enterpreneur START YOUR STARTUP 2.0 ini merupakan kali kedua event ini diselenggarakan setelah sebelumnya pada Tahun 2021 untuk pertama kalinya event ini diadakan. Event yang dibuka tanggal 10 Juni-7 Juli 2022 ini diikuti oleh 11 peserta dari berbagai fakultas di UII yang telah berhasil melewati proses screening proposal dari panitia.

Bertempat di Auditorium FMIPA UII, event dibuka dengan pembacaan kalam illahi dan dilanjutkan dengan pemberian sambutan oleh Dekan FMIPA UII. Dalam sambutannya, Dekan FMIPA UII menjelaskan, “Event ini merupakan event yang bagus sekali karena biasanya mahasiswa FMIPA hanya mempunyai ide saja tapi tidak tahu bagaimana merealisasikannya dalam bentuk bisnis sehingga perlu bekerjasama dengan mahasiswa fakultas lain.”

Diawali dengan presentasi dari Tim 1 yaitu Jogjaship dengan memperkenalkan produknya, Jogja Internship yang merupakan platform berbasis website untuk menjembatani antara internship seeker dan hiring manager sebagai solusi minimnya pengalaman magang dan kegiatan non akademik mahasiswa pra kerja. Tim 2 yaitu JB Corps dengan tagline “Zero Waste with JB (Jelantah Benefit) mempresentasikan produknya berupa JB Wash. JB Wash merupakan sebuah produk deterjen ramah lingkungan yang menggunakan limbah berupa minyak deterjen. Selanjutnya Tim 3, HoofLoaf, menciptakan inovasi berupa aplikasi dengan fitur “Fit Your Feet” yang memungkinkan penggunanya untuk dapat mendesain sendiri sepatu sesuai keinginan berdasarkan template yang sudah disediakan. Dilanjutkan Tim 4 dengan nama Startup Glykos, berfokus untuk mengembangkan bisnis di bidang kuliner bernama chem pudding. Chem Pudding merupakan produk yang unik karena mampu mempresentasikan kimia sesuai dengan namanya yaitu chem yang berarti kimia. Tim 5, Zuballah Corporation, menciptakan terobosan baru dengan mengembangkan produk bernama Smart Trash Bin. Kelebihan produk ini adalah mampu memilah sampah dari berbagai jenis dan kategori secara otomatis. Tim 6 yaitu Guwigo Id merancang produk berupa digital invitation bernama Invitation Q. Produk tersebut menghadirkan berbagai jenis undangan serta kartu ucapan yang mampu diakses secara online tak terbatas waktu dan jumlah orang. Tim 7, Aksara Corp, mengembangkan bisnis produk kopi dari ekstrak buah-buahan dan sisa dari pengolahan kulit dan biji buah apel dengan nama brand Caffenepel. Plantmaker.Id sebagai Tim 8 memperkenalkan sebuah aplikasi e-commerce yang berfokus pada tanaman hias. Sistem aplikasi tersebut adalah konsumen melakukan pemesanan kemudian produsen mitra akan mengirimkan produk tanaman hias melalui kurir yang bermitra dengan plantmaker.id. Selanjutnya Tim 9, Swakarya Medika, mempresentasikan layanannya bernama Anseaty. Anseaty merupakan sebuah website yang menyediakan Mental Health Kit dan free consulting bagi orang-orang yang mengalami gangguan mental. Kemudian Tim 10, Gardena, menyediakan one stop solution platform yang menjawab kebutuhan customer sebagai orang yang memiliki lahan dan tukang kebun. Gardena merupakan sebuah inovasi bisnis yang bergerak di bidang desain dan konstruksi taman. Diakhiri dengan presentasi dari Tim 11 yaitu Aila Tech yang menciptakan alternatif sabun cair ramah lingkungan yang mampu memurnikan najis mughallazah bernama Clayyis.

 

Event ditutup oleh Wakil Dekan Keagamaan, Kemahasiswaan dan Alumni FMIPA UII. Tri Esti, selaku Wakil Dekan Keagamaan, Kemahasiswaan dan Alumni FMIPA UII menyampaikan apresiasinya kepada mahasiswa yang mempunyai pola pikir yang inovatif dalam menciptakan bisnis baru dan FMIPA UII bersedia memberikan dukungan penuh kepada mahasiswa yang mempunyai prospek bisnis yang bagus. Atas pertimbangan dewan juri, diputuskan bahwa Tim 6 yaitu Guwigo Id berhasil menjadi juara ketiga, Gardena sebagai Tim 10 menjadi juara kedua dan Tim 5, Zuballah Corporation, berhasil menjadi Juara pertama dalam event Lomba Ide Usaha Digital Enterpreneur tahun ini.