Penguatan Mental dan Upgrading Diri Bagi Mahasiswa Farmasi Fakultas MIPA Universitas Islam Indonesia

 

Jurusan Farmasi – Pada Sabtu, 16 Juli 2022, Prodi Farmasi Program Sarjana mengadakan acara untuk mahasiswa angkatan 2019 yang bertajuk “Penguatan Mental dan Upgrading Diri”. Acara ini sendiri bekerjasama dengan Klinik Metamorfosa salah satu pusat Psikologi terapan yang ada dijogja.

Acara dimulai pada pukul 08.00 dan dibuka langsung oleh Wakil Dekan Bidang Sumber Daya Manusia FMIPA UII, apt. Saepudin, S.Si., M.Si., Ph.D.,yang menjelaskan pada saat sambutan serta membuka acara tersebut bahwa pada saat seperti ini mahasiswa sangat membutuhkan penguatan mental dan upgrading diri karena beban yang diemban mahasiswa sendiri sangat berat bukan hanya faktor perkuliahan tetapi juga faktor kehidupan dikampus dan juga pasca pandemi Covid-19 pada saat seperti ini, dan berharap acara yang diadakan kali ini dapat memberikan dampak positif bagi mental mahasiswa dalam menyikapi kehidupan perkuliahan kedepannya sehingga mahasiswa dapat lulus secara cepat dan juga mampu berkarier dengan baik.

Setelah acara dibuka maka dari pihak metamorfosa mengambil alih seluruh rangkaian acara ini, pertama adalah assesmen kepada seluruh mahasiswa yang mengikuti acara ini, Phasniwati, M.A., psikolog, selaku dari pihak Metamorfosa, menjelaskan assessment sendiri dilaksanakan pada langkah awal dan berguna untuk mengevaluasi tingkat kesehatan mental masing-masing mahasiswa yang  mengikuti acara ini yang nantinya berguna untuk tindakan berikutnya bila diperlukan, bentuk assessment terdiri dari 2 test yang memang dirancang untuk kalangan mahasiswa. Setelah menjalani assessment maka acara selanjutnya adalah  sharing dan icebreaking pada mahasiswa untuk saling sharing dan secara kelompok memainkan game seru yang disiapkan oleh metamorforsa.

Dan yang terakhir adalah renungan, pada saat ini dari pihak metamorforsa membuat dorongan psikologis dengan memflasback kenangan-kenangan masa lalu dari peserta mahasiswa yang berguna untuk membuat mereka mengevaluasi diri mereka dan menyadari bahwa begitu hal-hal yang dapat memotivasi hidup dan inilah puncak dari upgrading diri dan penguatan mental, selaku coordinator acara apt. Mutiara Herawati, S.Farm., M.Sc, mengatakan secara keseluruhan acara ini tergolong berhasil karena antusias mahasiswa dalam presensi kehadiran serta dalam sesi tanya jawab, selain itu juga faktor keaktifan mahasiswa dalam seluruh rangkain acara ini. -Udin

Sumber : https://pharmacy.uii.ac.id/penguatan-mental-dan-upgrading-diri-bagi-mahasiswa-farmasi/