PELEPASAN WISUDAWAN/WATI PERIODE VI TA 2021/2022 DAN SEMINAR MOTIVASI PENGEMBANGAN DIRI: “MENCIPTAKAN FRESH GRADUATE YANG BERAKHLAK DAN BERKOMPETEN”

 

 

Menjelang pelaksanaan wisuda periode VI TA 2021/2022, pada hari Rabu (27/7) Fakultas MIPA UII menggelar acara pelepasan wisudawan/wati periode VI TA 2021/2022. Bertempat di Auditorium Fakultas MIPA UII, acara tersebut dihadiri oleh 88 mahasiswa dari semua prodi sarjana, diploma dan magister di Fakultas MIPA. Diantara calon wisudawan/wati periode ini, 65 diantaranya merupakan lulusan dengan predikat cumlaude. Acara pelepasan wisudawan/wati merupakan agenda rutin yang diselenggarakan Fakultas MIPA UII untuk para calon wisudawan/wati  sebagai bentuk apresiasi dan sekaligus ucapan selamat atas hasil dari perjuangan yang telah ditempuh selama menjalani pendidikan di UII.

Seperti halnya periode sebelumnya, acara pelepasan calon wisudawan/wati kali ini juga disertai dengan acara seminar motivasi pengembangan diri. Menciptakan fresh graduate yang berakhlak dan berkompeten menjadi pilihan tema seminar. Adanya seminar tersebut menjadi sarana pembekalan diri bagi calon wisudawan/wati dalam mengoptimalisasikan kemampuan untuk menghadapi ketatnya persaingan dunia kerja.

Apresiasi dan ucapan selamat kepada calon wisudawan/wati yang mendapatkan IPK tertinggi disampaikan oleh kaprodi dari masing-masing prodi. Ratu Aini Lubis, mahasiswa Prodi Farmasi, sebagai perwakilan dari calon wisudawan/wati juga turut serta dalam memberikan pesan. “Semua sudut dan segi perjuangan kita tentunya dibantu oleh para cahaya cinta kita, bapak ibu dosen, yang terus mendorong kita untuk terus bergerak demi masa depan yang cerah”, ucap Aini. Riyanto, Dekan Fakultas MIPA UII, dalam sambutannya, menyampaikan amanat dan ungkapan terima kasihnya kepada orangtua/wali calon wisudawan/wati karena mempunyai andil yang cukup besar atas keberhasilan calon wisudawan/wati dalam meraih kelulusan. Sebagai penutup sambutannya, Riyanto juga memberikan pantun, “Pagi hari pergi ke kampus UII, melihat ibu-ibu sein ke kanan beloknya ke kiri, calon wisudawan mempunyai jatidiri, sebagai cirikhas alumni UII.”

Ungkapan terima kasih Fakultas MIPA UII atas pentingnya peran orangtua/wali calon wisudawan/wati diwujudkan dengan adanya sambutan dari perwakilan orangtua salah satu mahasiswa Prodi Statistika. Selanjutnya Mayor Laut Yuni Darty yang hadir secara online, menjadi pengisi materi seminar motivasi pengembangan diri. Pada kesempatan tersebut, Yuni menggarisbawahi beberapa hal yang menjadi pengaruh besar dalam kesuksesannya, yaitu why, komunitas, akhlak dan kompetensi. “Hidup adalah momentum berpetualang, petualangan tidak akan berhenti sebelum menemukan letak kesuksesan berada,”pungkasnya. Perwakilan DPKA UII, Fani Eka Nurtjahyo, juga turut hadir membawakan materi pembekalan diri. Fani menerangkan media yang telah dipersiapkan DPKA UII dan dapat gunakan sebagai pilihan bagi alumni UII untuk mencari pekerjaan. Lebih lanjut Fani menjelaskan metode dan strategi yang perlu diterapkan dalam menghadapi realita dunia pekerjaan.

Acara calon wisudawan/wati kali ini menjadi lebih menarik dengan adanya penyampaian kesan dan pesan dari mahasiswa tiap prodi oleh Wadek Keagamaan, kemahasiswaan dan Alumni. Selanjutnya acara diakhiri dengan foto setiap calon wisudawan/wati di photobooth yang telah disediakan.