Webinar Pengelolaan Jurnal Bertajuk Strategi Percepatan Jurnal Menuju Indeksasi Internasional

 

 

Fakultas MIPA UII sukses menyelenggarakan webinar bertajuk Pengelolaan Jurnal Menuju Indeksasi Internasional pada Sabtu (13/8) yang disiarkan juga secara langsung melalui kanal youtube FMIPA UII. Webinar yang diikuti oleh dosen-dosen dan pengelola jurnal tersebut diikuti oleh tak kurang dari 80 peserta.

Pemaparan materi webinar dilakukan oleh Rozi, S.Pi., M. Biotech. Sebagai narasumber. Rozi mengampu sebagai dosen dan pengelola jurnal di Universitas Airlangga. Sementara itu, webinar dipandu oleh dosen Prodi Statistika FMIPA UII yaitu Arum Handini Primandari, S.Pd.Si., M.Sc. sebagai moderator. Penyelenggaraan webinar pengelolaan jurnal bertujuan untuk memberikan informasi mengenai persiapan yang perlu dilakukan dan strategi percepatan menuju jurnal bereputasi internasional.

Rozi menyampaikan, “Beberapa kriteria yang perlu disiapkan oleh pengelola jurnal untuk menjadikan jurnal berindeks internasional yaitu yang pertama kriteria non technical, kedua memenuhi syarat minimum dan ketiga  memenuhi kriteria technical.” Di tengah pemaparannya, Rozi menekankan pentingnya menetapkan kunci strategi percepatan jurnal menuju indeks Scopus yaitu geographical diversity of editor, peserta conference diberikan pilihan untuk submit pada jurnal, perlu adanya kebijakan dekan fakultas, mengikuti komunitas editor seperti RJI dan HEBII, memastikan publikasi berjalan on time dan kepastian naskah secara berkala, berkolaborasi dengan beberapa author dalam beberapa negara dan memodifikasi managemen aspek pada jurnal sebidang. Pemaparan materi webinar juga disertai dengan sesi diskusi bersama para peserta dengan dipandu oleh moderator yang kemudian dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat kepada narasumber. Di akhir sesi webinar, disediakan doorprize bagi dua orang pemenang kuis dan tiga orang penanya terbaik.

 
Link Youtube : https://www.youtube.com/watch?v=5tv7VkErLfM 

Download Materi Pengelolaan Jurnal