Pelepasan Wisudawan/Wati Fakultas MIPA Universitas Islam Indonesia Periode 2 Tahun Akademik 2022/2023

Hari Selasa, tanggal 29 November 2022, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Islam Indonesia (FMIPA UII) menyelenggarakan Pelepasan Wisuda Periode II Tahun Akademik 2022/2023 bagi calon wisudawan/wati secara luring di Auditorium FMIPA UII. Kegiatan pelepasan wisuda ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan Fakultas MIPA UII untuk para calon wisudawan/wati sebelum melaksanakan wisuda sebagai bentuk apresiasi dan sekaligus memberikan ucapan selamat kepada calon wisudawan/wati yang telah selesai menempuh pendidikan di FMIPA UII.

Acara pelepasan wisudawan/wati kali ini mengusung tema, “Tumbuh, Bersinergi dan Berkhidmat untuk Umat Bersama Alumni FMIPA UII” dan dilaksanakan di Auditorium Fakultas MIPA UII dan dihadiri oleh jajaran pimpinan Dekanat FMIPA UII bersama dengan jajaran Kaprodi dari masing-masing prodi di FMIPA UII, perwakilan orangtua/wali mahasiswa, Alumni UII dan perwakilan DPKA sebagai pebicara, dan perwakilan divisi akademik, serta peserta pelepasan wisuda sejumlah 60 mahasiswa dari semua program studi baik diploma, sarjana, maupun magister Fakultas MIPA UII.

Pada periode ini, FMIPA UII meluluskan sejumlah 60 mahasiswa. Dari total 60 calon wisudawan/wati, 33 calon wisudawan/wati di antaranya merupakan lulusan dengan predikat cumlaude dan 5 (enam) di antara calon wisudawan/wati meraih predikat dengan IPK tertinggi. Sebagai apresiasi bagi calon wisudawan/wati peraih IPK tertinggi, masing-masing Kaprodi menyampaikan ucapan selamat kepada calon wisudawan/wati tersebut. Bentuk apresiasi lainnya berupa sertifikat penghargaan IPK tertinggi yang diserahkan oleh Dekan FMIPA UII kepada masing-masing calon wisudawan/wati.

Pada pelepasan wisudawan/wati juga terdapat penyerahan apresiasi dan kenang-kenangan kepada finalis mahasiswa berprestasi jenjang D3 analisis kimia yang diraih oleh Indah Ika Nurcahyani.

Setelah pemberian sertifikat penghargaan IPK tertinggi dan penyerahan kenang-kenangan mahasiswa berprestasi dilanjutkan dengan penyampaian sambutan dari perwakilan calon wisudawan/wati terpilih, Indah Ika Nurcahyani, yaitu calon wisudawati dari Prodi D3 Analisis Kimia. Kemudian dilanjutkan penyampaian sambutan dan penyerahan kembali wisudawan/wati kepada orangtua/wali oleh Dekan Fakultas MIPA UII, Prof. Riyanto, S.Pd., M.Si., Ph.D. dilanjutkan penyampaian sambutan oleh orangtua/wali, Ibu Nur Afiati, S.S., orangtua/wali dari salah satu calon wisuwati FMIPA UII.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh apt. Tieto Ramadhona, S.Si., yang merupakan alumni Prodi Farmasi, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh perwakilah DPKA UII, Latifatul Laili, S.Psi., M.Psi., Psikolog.

Kegiatan dilanjutkan dengan penjelasan seputar akademik oleh Kadiv Akademik, Achmad Rossy Cendana, A.Md bagi calon wisudawan/wati.

Acara pelepasan wisuda kali ini ditutup dengan penyampaian kesan dan pesan calon wisudawan/wati dalam bentuk pantun terpilih oleh Kadiv IT FMIPA UII, Lungit Marsudi Wening, S.Kom yang disambut meriah oleh peserta pelepasan wisuda. Setelah acara ditutup selanjutnya acara diakhiri dengan sesi foto setiap calon wisudawan/wati di photobooth yang telah disediakan di depan Auditorium.