MASA TA’ARUF MAHASISWA FMIPA 2018

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Mahasiswa baru FMIPA UII 2018 mengawali kegiatan orientasi pada hari Sabtu tanggal 18 Agustus 2018. Kegiatan orientasi mahasiswa baru diberi nama Masa Ta’aruf (MASTA) dengan mengambil tema “Membentuk Pemimpin Muslim di Era Millenial dalam Menghadapi Tantangan dan Perspektif Baru”. Hadir dalam acara pembukaan MASTA 2018 adalah Ketua LEM, Ketua DPM serta Dekan dan Wakil Dekan FMIPA UII. Fauzan Azhari sebagai Ketua MASTA 2018 memberikan ucapan selamat datang sekaligus berharap kepada seluruh mahasiswa baru untuk dapat berperan aktif dalam berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh lembaga kemahasiswaan di FMIPA UII.  Hal senada juga diungkapkan oleh M. Ari Wicaksono dan Achmad Kurniasyah Thalib selaku Ketua LEM dan Ketua DPM FMIPA UII. Achmad panggilan Ketua DPM FMIPA menambahkan bahwa mahasiswa juga harus menyiapkan diri sebagai calon pemimpin bangsa karena melekat predikat sebagai Iron Stock. Selain itu juga Achmad menyampaikan status lain yang disandang oleh mahasiswa adalah sebagai Agent of change dan Agen of Social Control sehingga mahasiswa juga harus peka terhadap persoalan-persoaan social yang ada di sekitarnya.

Dekan FMIPA yang hadir pada acara pembukaan memberikan sambutan pengarahan kepada seluruh peserta dan panitia MASTA 2018. Prof. Riyanto selaku Dekan menyampaikan bahwa kemajuan suatu bangsa sangat terukur dengan banyaknya orang yang peduli atau berminat untuk mempelajari ilmu sains. Pembelajaran ilmu sains dapat mengantarkan seseorang menjadi kritis dan inovatif sehingga dapat menjadi ilmuwan yang hasil risetnya dapat dimanfaatkan oleh orang masyarakat. “khoirunnas anfa’uhum linnas atau sebaik-baik manusia adalah yang mampu meberikan manfaat pada orang lain”, ungkap Riyanto.  Riyanto berharap mahasiswa baru mampu melakukan inovasi-inovasi baru karena perubahan yang ada di luar sana sangat cepat.

Usai pembukaan dilanjutkan dengan penyampaian materi dengan tema Personal Branding for The Future Leader dan To Be A Moslem Leader yang masing-masing disampaikan oleh Lutfi Chabib dan Shubhi Mahmashony Harimurti. Kegiatan MASTA 2018 hari pertama berakhir pada pukul 12.00. Hari kedua MASTA 2018 banyak diisi dengan pengenalan lembaga intenal kampus dan melatih daya kritis mahasiswa baru terkait dengan adanya isu tentang revolusi industry 4.0. Pengenalan tentang revolusi industry, peluang dan tantangannya disampaikan oleh Thorikul Huda yang juga Wakil Dekan Bidang Keagamaan, Kemahasiswaan dan Alumni FMIPA UII. Usai pemaran oleh Thorikul Huda dilanjutkan dengan Focus Group Discussion untuk membahas isu terkait revolusi industry 4.0 dan diteruskan penyampaian hasil diskusi oleh masing-masing perwakilan jamaah Peserta MASTA 2018. Hari kedua MASTA 2018 juga diadakan untuk pengenalan unit kegiatan mahasiswa (UKM) yang ada di FMIPA dan kegiatan berakhir pada pukul 17.00.

Hari ketiga MASTA 2018 diawali dengan bakti social ke beberapa masjid yang ada di sekitar Kampus Terpadu UII. Bakti social tersebut dilakukan dengan kegiatan pemberian paket sembako kepada warga ynag kurang mampu dan diteruskan dengan kegiatan bersih-bersih diareal sekitar masjid. Di hari ketiga atau hari terakhir diadakan malam inagurasi untuk menutup seluruh rangkaian kegiatan MASTA 2018.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.