Minggu 16 Juni 2019 bertempat di kompleks Hotel Mambruk Anyer Cilegon telah dilaksanakan kegiatan pelantikan Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Prodi D3 Analisis Kimia. Rizky Maulana yang merupakan panitia acara tersebut menjelaskan bahwa pemilihan tempat didasari banyaknya alumni dari D3 Analisis Kimia FMIPA UII yang saat ini bekerja disekitar kawasan Cilegon seperti PT Krakatau Steel, PT Candra Asri dan perusahaan-perusahaan lainnya. Selain itu juga, dengan lokasi di sekitar kawasan wisata Pantai Anyer akan menjadi daya tarik tersendiri bagi alumni untuk hadir di acara tersebut.  Pengurus IKA D3 Analisis Kimia dilantik oleh Totok Purwanto, SH selaku sekretaris yang mewakili Ketua Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) IKA UII Yogyakarta. Hadir pada acara pelantikan adalah Wakil Dekan Bidang Keagamaan, Kemahasiswaa dan Alumni (Wadek KKA) FMIPA UII, Direktur Direktorat Pengembangan Karir dan Alumni (DPKA), Ketua Program Studi (Ka.Prodi) D3 Analisis Kimia.

Totok Purwanto, SH selaku Sekretaris DPW IKA UII Yogyakarta berharap setelah dilaksanakan pelantikan pengurus IKA D3 Analisis Kimia untuk periode 2019 sampai 2023 selanjutnya perlu dirancang program yang nyata dan dapat diimplementasikan. Totok juga menyampaikan bahwa keberadaan alumni harus mampu memberikan dampak yang nyata bagi masyarakat. “Sudah banyak tokoh-tokoh nasional yang merupakan alumni dari UII”, ungkap alumni Fakultas Hukum UII angkatan 1973 itu.  Abdurahman Al Faqih selaku Direktur DPKA UII menyambut baik kegiatan pelantikan IKA D3 Analisis Kimia sekaligus menegaskan bahwa secara kelembagaan Pengurus IKA di tingkat program studi yang ada di UII termasuk D3 Analisis Kimia merupakan bagian dari DPW IKA UII Yogyakarta. Hal tersebut sebagaimana keputusan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IKA UII beberapa waktu lalu yang dilaksanakan di Bandung. Oleh karena itu secara organisasi maka pengurus IKA D3 Analisis Kimia terikat langsung dengan DPW IKA UII Yogyakarta. Namun demikian sebagai anggota alumni UII maka dapat bergabung dengan IKA di wilayah lain selain Yogyakarta sesuai dengan domisili saat ini.

Thorikul Huda selaku Wadek KKA yang juga mewakili Dekan FMIPA UII dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada pengurus IKA yang dilantik untuk periode 2019 – 2023. Banyak hal yang dapat dilakukan alumni D3 Analisis Kimia termasuk membangun jejaraing antar alumni. Tercatat lebih dari 80% lulusan D3 Analisis Kimia yang bekerja di bagian Quality Control ataupun Quality Assurance (QA/QC) diberbagai perusahaan. Tidak sedikit alumni D3 Analisis Kimia yang bekerja di kawasan perindustrian seperti Jakarta dan Banten baik perusahaan BUMN maupun Swasta. “Alumni dapat memberikan masukan kepada Prodi untuk perbaikan system Pembelajaran”, ungkap Thorik saat memberikan sambutan.

Tri Esti Purbanitias, M.Si. yang juga Kaprodi D3 Analisis Kimia juga menyampaikan rasa bahagianya karena IKA D3 Analisis Kimia akhirnya dapat dilantik untuk pertama kalinya. Alumni dapat menjadi mitra yang strategis bagi universitas, fakultas maupun prodi. “Program yang bisa dikembangkan misalnya melalui program kakak asuh dengan pemberian beasiswa kepada mahasiswa dari alumni”, tutur Esti. Diakhir acara dilakukan talk show dengan narasumber Kaprodi D3 Analisis Kimia dan Rohiman selaku Ketua IKA D3 Analisis Kimia yang baru saja dilantik. Topic yang mengemuka pada acara talk show adalah pentingnya program sertifikasi bagi alumni untuk memudahkan dalam mengembangkan karirnya. “Kami berharap aka nada sertifikasi lain seperti K3 yang ada di D3 Analisis Kimia UII”, ucap Rohiman.