Jurusan kimia FMIPA UII mengadakan kegiatan smart outbond yang dilaksanakan di komples Hotel Puri Asri Kota Magelang. Acara yang diadakan hari Sabtu 6 Juli 2019 diikuti oleh sebagian besar dosen dan tenaga kependidikan yang ada di Jurusan Kimia. Malam hari sebelum kegiatan smart outbound terlebih dahulu dibuka oleh Prof. Riyanto selaku Dekan sekaligus dosen di Jurusan Kimia dan dilanjutkan dengan kegiatan training kecerdasan hati yang dibawakan oleh Ustadz Basuki AR. Prof. Riyanto dalam sambutannya berharap kegiatan training kecerdasan hati dapat membentuk pribadi yang baik, khususnya dosen dan tenaga kependidikan yang ada di Jurusan Kimia. Prof. Riyanto mencontohkan bahwa pribadi muslim yang baik salah satu cirinya adalah memiliki kedisplinan yang tinggi terhadap apapun juga termasuk pekerjaan yang ditekuni saat ini.

Usai sambutan langsung disampaikan materi training kecerdasan hati dengan memberikan konsep kecerdasan hati (HI) merupakan gabungan antara kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SI) sehingga dapat dibuat rumus HI = IQ + EI + SI. Ketiga kecerdasan (inteleltual, emosional dan spiritual) yang disinergikan dapat mendorong motivasi yang sangat baik, karena semuanya didorong oleh semangat untuk menggapai ridlo Allah SWT. Kombinasi tiga kecerdasan mampu membentuk pribadi yang tenang, mempunyai kelapangan dada dan keikhlasan dalam menjalan aktivitas kehidupan termasuk pada saat bekerja. Pelatihan kecerdasan hati yang dimulai pukul 20.30 tersebut baru berakhir menjelang pukul 24.00.

Keesokan harinya dilanjutan dengan aktivitas smart outbound dengan menggunakan berbagai permainan. Diawali dengan permainan untuk cepat merespon permasalahan, penyapampaian informasi yang cepat dan tepat dan mengadu kekompakan untuk mencapai satu tujuan bersama. Terlihat semua peserta training smart outbound mengikuti dengan gembira, terbukti banyak canda tawa antar dosen dan tenaga kependidikan yang ada di Jurusan Kimia.