Southeast Asia Global Innovation Challenge (SEA-GIC) 2019 merupakan ajang untuk berkompetisi bagi mahasiswa Kimia di Asia Tenggara. SEA-GIC 2019 diselanggarakan di University of Malaya Malaysia dengan peserta berasal dari Thailand, Brunei Darussalam, Indonesia dan Malaysia. Universitas Islam Indonesia mengirimkan 5 kontingen yang berasal dari Jurusan Kimia khususnya Program Studi (red. Prodi) Kimia dan D3 Analisis Kimia. Ajang SEA-GIC 2019 yang diselenggarakan pada hari Sabtu (7-12-19) terdiri dari dua jenis kompetisi yaitu video dan poster. Rombongan Jurusan Kimia dipimpin langsung oleh Rudy Syahputra, Ph.D yang juga merupakan salah satu  pembimbing tim yang ikut lomba di Negeri Jiran tersebut

Lomba yang setiap tahun diselenggarakan di Malasysia tersebut mengambil tema “Chemistry in IR 4.0 (SEA-GIC 2019)” and “Design Your Periodic Table of Chemical Elements Poster Competition” dan didukung oleh American Chemical Society (ACS), Royal Society of Chemistry (RSC), Microsoft, dan beberapa lembaga lainnya. Tim mahasiswa yang ikut ajang kompetisi masing-masing diketua oleh Khoirunisa, Sarkawi dan Fernanda yang masing-masing merupakan mahasiswa Prodi S1 Kimia dan satu tim mahasiswa Prodi D3 Analisis Kimia yang diketua oleh Siti Fatonah. Keempat tim yang berangkat ke Malaysia semuanya mendapatkan penghargaan diantaranya adalah:

  1. Ketua Tim Khoirunisa, Penghargaan : Best Spirit dan 2nd runner up in Microsoft Choice Award
  1. Ketua Tim Sarkawi, Penghargaan : 1st Winner SEA-GIC 2019 dan 2nd Runner Up Periodic Table Poster
  1. Ketua Tim Siti Fatonah, Penghargaan : 1st Winner Periodic Table Poster
  1. Ketua Tim Fernanda, Penghargaan : Video Winner

Menurut Rudy Syahputra hal tersebut merupakan capaian yang positif untuk mahasiswa di Jurusan Kimia khususnya dan UII pada umumnya. Penghargaan tersebut juga menunjukkan bahwa mahasiswa di Jurusan Kimia baik dari Prodi S1 Kimia maupun D3 Analisis Kimia mampu bersaing di tingkat regional maupun internasional. Capaian mahasiswa Jurusan Kimia semakin menambah deretan penghargaan bergengsi di tingkat internasional untuk mahasiswa di lingkungan FMIPA UII.