Joglo Amirta di Kawasan obyek wisata Kaliurang Sleman pada hari Sabtu (7-12-19) dijadikan untuk kegiatan upgrading kelompok Marketing and Communication (Marcom) Fakultas MIPA UII. Kepala Bidang Humas FMIPA UII, Tutik Purwaningsih menyampaikan bahwa kegiatan upgrading kali ini diperuntukkan semua anggota baik yang baru maupun yang sudah lama bergabung di komunitas Marcom FMIPA. Acara upgrading dibuka secara langsung oleh Prof. Riyanto, Ph.D selaku Dekan FMIPA periode 2018 – 2022. Capaian FMIPA ditahun 2019 diantaranya adalah perolehan akreditasi A pada Prodi Farmasi, S2 Kimia mulai menerima mahasiswa baru, salah satu laboran di FMIPA meraih peringkat terbaik kedua tingkat nasional. Disisi lain, masyarakat juga perlu mengetahui capaian UII pada tahun 2019 misalnya UII menjadi universitas dengan peringkat kinerja penelitian dan pengabdian terbaik untuk perguruan tinggi swasta. Di tahun 2019, UII juga memperoleh predikat sebagai kampus swasta paling lestari dan lain sebagainya.

Dekan FMIPA UII menyampaikan bahwa UII telah membukan kran untuk beasiswa bagi mahasiswa asing untuk setiap prodi. Oleh karena itu, promosi untuk mahasiswa asing perlu dilakukan sehingga tidak menutupkemungkinan mahasiswa yang tergabung di dalam Marcom dapat berkunjung ke luar negeri untuk mempromosikan prodi yang ada di FMIPA. Seperti diketahui bahwa Prodi di FMIPA saat ini ada 7 diantaranya adalah Statistika, Kimia, Farmasi, Profesi Apoteker, D3 Analisis Kimia, Pendidikan Kimia dan Magister Kimia. “Insya Allah satu tahun mendatang FMIPA akan segera memiliki S2 Farmasi dan S2 Kimia”, tambah Riyanto saat membuka acara upgrading.

Usai Riyanto menyampaikan sambutan dilanjutkan dengan pemaparan oleh Thorikul Huda yang juga Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan tentang beberapa strategi yang promosi dengan memanfaatkan internet termasuk website dan media sosial. Anggota marcom dapat dilibatkan sebagai salah satu contributor berita untuk dipublish di website fakultas. “Anggota marcom perlu mendapatkan training sebagai wartawan kampus”, ungkap Thorik sapaan Wadek KKA. Keanggotaan marcom yang terdiri dari masing-masing Prodi yang berperan sebagai wartawan kampus dan beritanya diunggah di website fakultas dan disebarkan melalui social media akan memudahkan masyarakat mengetahui berbagai aktifitas di lingkungan FMIPA.

Menurut Thorik, metode promosi lain yang bisa dikembangkan yaitu dengan membuat content video testimony mahasiswa ataupun pihak-pihak lain yang memiliki kepentingan pada FMIPA. Selain itu juga Thorik mengusulkan agar program ditahun sebelumnya yang sudah berjalan dengan baik perlu diteruskan dan ditingkatkan baik kuantitas maupun kualitasnya. Aktivitas marcom yang sudah dijalankan pada tahun 2018 adalah program Alumni Goes to School yaitu dengan menghadirkan mahasiswa FMIPA ke sekolah asal sebelum jadi mahasiswa UII.

Setelah Dekan dan Wadek KKA menyampaikan materi dilanjutkan dengan diskusi kelompok. Tema diskusi adalah usulan bentuk atau pola promosi yang dapat dilakukan pada tahun 2020. Pagi harinya yaitu Minggu (8-12-19) diadakan acara outbound untuk menguatkan kebersamaan antar anggota komunitas Marcom FMIPA UII.