Perluas Jaringan melalui Kerjasama FMIPA dengan PT Mutuagung Lestari

FMIPA UII terus berusaha mengembangkan kemitraan dengan berbagai organisasi, industri maupun masyarakat. Beberapa waktu yang lalu Prof. Riyanto, Ph.D selaku Dekan menandatangani Nota Perjanjian antara FMIPA UII dengan Irham Budiman yang mewakili PT Mutuagung Lestari. Penandatanganan Nota Perjanjian tersebut dilaksanakan di sela-sela acara UII Partners Gathering yang digelar di The Dharmawangsa Jakarta, Senin (9/12/19). Penandatangan tersebut merupakan tindak lanjut kunjungan pihak PT Mutuagung Lestari ke FMIPA sekitar pertengahan November 2019. PT Mutuagung Lestari sendiri merupakan perusahan yang bergerak pada bidang jasa layanan sertifikasi seperti sertifikasi system manajemen, ekolabel, pengujian dan lain-lain.
Ruang lingkup yang disepakati pada Nota Perjanjian meliputi dukungan untuk pendidikan vokasi; Pengembangan Metode Uji; Kerjasama Praktek Kerja Lapangan dan Tugas Akhir; Kerjasama Sertifikasi dan Pengujian Laboratorium; dan kegiatan lain yang disepakati oleh kedua belah pihak. Nota perjanjian tersebut mulai efektif berjalan yaitu pada Januari 2020 dengan adanya mahasiswa yang yang akan melaksanakan magang selama 6 bulan di PT Mutuagung Lestari. “Insya Allah dari mahasiswa prodi D3 Analisis Kimia mulai akan magang di tempat kami”, ungkap Riyanto yang menjabat Dekan FMIPA sejak tahun 2018.
Turut mendampingi penandantangan adalah Thorikul Huda selaku Wakil Dekan Bidang Keagamaan, Kemahasiswaan dan Alumni. Jangka waktu untuk kerjasama adalah selama 3 tahun dan akan diperpanjang setelah adanya evaluasi terkait dengan efektifitas kerjasama antar kedua belah pihak. Tri Esti Purbaningtias selaku Ketua Prodi D3 Analisis Kimia menyambut baik kerjasama tersebut karena dapat

memberikan akses kepada mahasiswa untuk melakukan kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) atau magang selama 6 bulan di PT Mutuagung Lestari. “Kerjasama ini sangat dibutuhkan khususnya untuk Prodi D3 Analisis Kimia yang telah merancang kegiatan magang selama 6 bulan di kurikulum yang telah disahkan pada tahun 2019”, tutur Esti panggilan akrab Kaprodi D3 Analisis Kimia.