Jumat, 21 Mei 2021 atau bertepatan dengan 9 Syawal 1442 H Fakultas MIPA UII menggelar acara syawalan keluarga besar Fakultas MIPA UII. Acara tersebut dilaksanakan secara online melalui media zoom meeting dan offline di hall Fakultas MIPA UII. Acara yang dimulai pukul 08.00 WIB tersebut dibuka dengan laporan panitia Ramadhan terkait kegiatan-kegiatan yang terlaksana selama bulan Ramadhan tahun 1442 H yaitu meliputi Pengajian Virtual dan Khataman Al Qur’an, Tadarus Al Quran Mingguan Online, Bakti Sosial Anak Yatim dan Sedekah Ifthor/Buka Puasa, Pembagian Parcel FMIPA UII, serta Syawalan FMIPA UII.

Acara inti dari syawalan keluarga besar FMIPA UII ini yaitu sebagai ajang silaturahmi dan juga pengajian. Pengajian pada syawalan daring keluarga besar FMIPA UII diisi oleh Nadirsyah Hosen (Gus Nadir) sebagai narasumber. Gus Nadir menyampaikan terkait perkembangan islam dan sains. Terkait hal tersebut ada beberapa pendekatan yang ada di masyarakat yaitu yang pertama terkait kecenderungan manusia masih tidak percaya sains karena sains dianggap sebagai bagian dari konspirasi barat melawan agama, seperti human cloning, rekayasa genetika, dan lain sebagainya. Yang kedua yaitu terkait islamisasi sains. Sains dan penelitiannya yang telah berkembang disamakan atau dicocokkan dengan islam. Sehingga banyak manusia terkhusus pemeluk agama Islam yaitu membuktikan apakah perkembangan sains tersebut sesuai dengan tuntunan agama yang terdapat di dalam Al Quran dan Hadist. Yang ketiga yaitu menjadikan spirit Al Quran dan Hadist sebagai informasi untuk penelitian sains lebih lanjut. Jadi islam tidak dibenturkan dengan sains seperti sikap pertama, justru islam itu mendorong penelitian sains. Al Quran itu bersikap informatif, islam juga menggaet penelitian sains berdasarkan etika islam sehingga sains bukannya malah menghancurkan kemanusiaan tetapi islam bisa mengembangkan sains menuju peradaban manusia yang lebih advance tapi juga tetap beretika. 

Setelah acara inti pengajian, acara dilanjutkan dengan penyampaian ungkapan syawalan oleh beberapa pihak. Perwakilan yang menyampaikan ungkapan syawalan yaitu dari perwakilan mahasiswa disampaikan oleh Ketua Lembaga Eksekutif Mahasiswa, Akmal Fauzan. Selanjutnya disampaikan oleh perwakilan purna tugas FMIPA UII yaitu Bapak Nugroho Bangun Puryanto. Selanjutnya yaitu disampaikan oleh Ketua Jurusan Statistika, Dr. Edy Widodo,M.Si. Yang terakhir sekaligus penutup disampaikan oleh Dekan Fakultas MIPA UII, Prof. Riyanto, M.Si.,Ph.D. Inti dari ungkapan syawalan yang disampaikan oleh beberapa pihak perwakilan yaitu ucapan syukur serta permohonan maaf yang tulus untuk semua pihak, dan semoga kita semua dapat dipertemukan dengan bulan mulia yaitu bulan Ramadhan dan Syawal di tahun berikutnya dengan keadaan yang lebih baik. Doa penutup untuk mengakhiri acara syawalan tersebut dipimpin oleh Bapak apt. Saepudin, M.Si.,Ph.D.