Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Islam Indonesia (FMIPA UII) mengawali kegiatan penyambutan mahasiswa baru tahun ajaran 2021/2022 dengan kegiatan Masa Ta’aruf atau disebut dengan MASTA FMIPA UII Tahun 2021. Kegiatan MASTA ini digelar selama tiga hari pada Senin, 20 September 2021 hingga Rabu, 22 September 2021. MASTA FMIPA UII dilaksanakan secara daring melalui media zoom meeting dan live youtube di channel Official LEM FMIPA UII. Kegiatan yang diikuti lebih dari 500 mahasiswa baru ini disambut antusias. Terlebih jika selama tiga hari tersebut mahasiswa diajak untuk berkenalan lebih dekat dengan Fakultas MIPA UII. 

Hari pertama pembukaan diawali dengan sambutan beberapa pihak, meliputi perwakilan lembaga mahasiswa, seorang alumni UII yaitu Tomy Ristanto, lalu Bapak Thorikul Huda, M.Sc. selaku Wakil Dekan Bidang Keagamaan, Kemahasiswaan, dan Alumni, serta yang terakhir yaitu amanah oleh Prof. Riyanto, Ph.D. Dekan Fakultas MIPA UII. Pembukaan simbolis dilanjutkan dengan penerbangan merpati putih oleh Dekan Fakultas MIPA. MASTA 2021 kali ini mengusung tema Membumikan Konsep Ulil Albab dengan Penuh Inspirasi. 

Kegiatan pada hari pertama dilanjutkan dengan talkshow ke-MIPAan atau memperkenalkan Fakultas MIPA dan webinar personal branding. Talkshow ke-MIPAan disampaikan secara langsung oleh Prof. Riyanto selaku Dekan FMIPA UII. Beliau menjelaskan mulai dari sejarah singkat berdirinya FMIPA, proses berkembangnya fakultas, sarana prasarana pembelajaran, penjelasan terkait masing-masing program studi, dan lain sebagainya. Sedangkan webinar personal branding diisi oleh Wirda Mansur sebagai narasumber. Mengusung tema New Way of Setting Yourself Up Wirda memberikan beberapa tips bagaimana setiap orang harus memiliki personal branding. Wirda menjelaskan bahwa personal branding merupakan bagaimana pandangan orang lain dalam menilai diri kita, serta apa keunikan dari diri kita. “Poin penting yang perlu dipelajari dalam personal branding yaitu show what you can offer, be kind, be true, and stay connected” ungkap Wirda. 

Hari kedua MASTA FMIPA UII 2021 mahasiswa baru diperkenalkan lebih dekat dengan berbagai organisasi tingkat fakultas, beberapa unit kegiatan mahasiswa (UKM), hingga organisasi tingkat jurusan atau program studi. Setelah pengenalan organisasi dilanjutkan dengan talkshow kiprah alumni FMIPA UII dan webinar kesehatan. Talkshow dibersamai oleh salah seorang alumni jurusan kimia yaitu Khoiria Oktaviani. Beliau membagikan pengalamannya selama belajar di jurusan kimia Fakultas MIPA UII. “Selama kuliah kita harus lebih aktif, selain fokus dalam hal akademik, kita juga harus melatih soft skill dengan mengikuti organisasi, serta alangkah lebih baik jika kita memiliki role model yang dapat dijadikan teladan” sepenggal nasihat Khoiria kepada mahasiswa baru. 

Sedangkan webinar kesehatan diisi oleh dokter Tirta Mandira Hudhi sebagai narasumber. Dokter Tirta menyampaikan materi terkait Health is the Key of Happiness. Tips yang diberikan dokter Tirta untuk mahasiswa baru yaitu untuk selalu menjaga pola makan, tidur yang cukup sekitar 7-8 jam per hari, serta jangan lupa untuk melakukan aktivitas fisik minimal 3 kali dalam seminggu selama 30 menit. Kesehatan merupakan hal yang sangat penting, tidak hanya fisik namun juga mental. Keseimbangan kedua hal tersebut merupakan hal inti agar kita sebagai manusia dapat menjalani hidup dengan baik.

Hari ketiga atau hari terakhir MASTA FMIPA UII 2021 diawali dengan webinar bersama narasumber seorang youtuber sekaligus influencer yaitu Zhafira Aqyla. Zhafira berbagi tentang tips Time Management and Productivity. Menurut Zhafira produktivitas adalah melakukan suatu kegiatan yang harus dilakukan pada hari dan waktu yang sudah ditentukan, diselingi dengan istirahat sesuai yang dibutuhkan oleh tubuh sebagai manusia. Zhafira menyampaikan bahwa alangkah baiknya kita berbicara dengan diri sendiri, memahami apa yang kita inginkan lalu menyusun rencana yang ingin dicapai baik jangka pendek hingga jangka panjang. 

Setelah webinar oleh Zhafira Aqyla, rangkaian kegiatan MASTA FMIPA UII ditutup dengan closing ceremony yang meliputi sambutan penutup beberapa pihak salah satunya yaitu Dekan Fakultas MIPA UII. Dekan FMIPA UII menyampaikan bahwa semoga mahasiswa baru dapat menempuh kegiatan perkuliahan dengan baik di Fakultas MIPA terlebih bisa berprestasi di tingkat nasional dan internasional. 

Seluruh rangkaian kegiatan MASTA diikuti oleh mahasiswa baru dengan antusias tinggi. Mereka banyak berdiskusi, bertanya, dan menggali ilmu dari masing-masing narasumber. Sebagai agenda terakhir, panitia MASTA FMIPA UII menghadirkan dua bintang tamu nasional yaitu Fico Fachriza seorang komedian dan sebuah grup band yang dikenal dengan nama Hindia. Kegiatan MASTA FMIPA UII ditutup meriah dengan penampilan kedua bintang tamu tersebut.